Detail Berita
WALIKOTA : PKK MITRA KERJA PEMKOT DALAM PEMBANGUNAN
26-05-2009

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Yogyakarta dalam pembangunan daerah berperan sebagai mitra pemkot karena telah banyak melakukan kegiatan yang secara langsung menyentuh kebutuhan masyarakat, demikian dikatakan Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto pada Puncak Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG PKK) ke-36 Kota Yogyakarta tahun 2008 bertempat di Pendopo Balaikota Yogyakarta, belum lama ini (17/01 ).

Dijelaskan, keluwesan dan pendekatan humanis yang dimiliki gerakan PKK menjadi kunci pembuka dalam mencari solusi setiap permasalahan yang dihadapi, dan secara cerdas  telah direspon melalui kegiatan-kegiatan penjabaran dari 10 program pokok PKK. Lebih lanjut Walikota mengungkapkan, merasa bangga dan berbesar hati karena program PKK Kota Yogyakarta menekankan pentingnya kesehatan seluruh anggota keluarga mulai anak-anak, remaja, kaum ibu, hingga lansia. Hal ini akan berpengaruh besar pada kualitas kehidupan masyarakat secara keseluruhan, bukan hanya dilihat dari kesehatan secara fisik tetapi juga menyangkut kesejahteraan batin.

Puncak HKG PKK Kota Yogyakarta berlangsung di Pendopo Balaikota Yogyakarta dihadiri Walikota Yogyakarta, Ketua DPRD Kota Yogyakarta Arif Noor Hartanto, SIP, Tim Penggerak PKK Propinsi DIY, Ketua TP PKK Kota Jogja Hj. Dyah Suminar dan Kepala SKPD terkait di lingkungan Pemkot Yogyakarta dan perwakilan pengurus PKK Kecamatan, Kelurahan hingga Rukun Warga, dimeriahkan dengan atraksi paduan suara, tarian dolanan anak (permainan tradisional anak) dan penyerahan hadiah.

Walikota menambahkan, berbagai upaya TP PKK Kota Yogyakarta banyak membuahkan hasil seperti penghargaan di bidang kesehatan sejak tahun 2003 dan di tahun 2008 penghargaan itu diberikan juga kepada Ketua TP PKK Kota atas prestasinya, antara lain dalam pemberdayaan masyarakat melalui posyandu, pengembangan keluarga siaga perintis, kawasan bebas rokok, pengolahan sampah mandiri, peningkatan pola hidup bersih dan sehat, pemrakarsa PAUD bersinergi dengan posyandu dan bina keluarga balita. Penghargaan lain yang diberikan pemerintah pusat adalah  penghargaan Mitra PAUD Tingkat Nasional.

Sementara itu Ketua Panitia Hj. Tri Kirana Muslidatun melaporkan HKG PKK Kota Yogyakarta bertujuan memasyarakatkan PKK sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat. Selain itu meningkatkan pemahaman segenap jajaran TP PKK, masyarakat dan seluruh komponen tentang keberadaan, tujuan, program dan kegiatan PKK. Disamping itu juga memberikan motivasi dan kesadaran kader dan masyarakat untuk lebih tahu, mau dan mampu melaksanakan  program-program PKK serta terus aktif mendukung kegiatan PKK. Menurut Tri Kirana, berbagai kegiatan telah dilaksanakan dalam rangka mengisi HKG PKK ini, antara lain lomba ketertiban dan kebersihan di 25 Asrama Daerah, Sosialisasi UU Pemilu bagi kader PKK, monitoring kelompok kegiatan lansia di 14 kelurahan, koordinasi dan pelaporan program PAUD, Gebyar PAUD tingkat Kota Jogja di Taman Pintar, sosialisasi diversifikasi lahan pekarangan dengan sistim biopori, monitoring program pengolahan sampah mandiri, sosialisasi pengolahan sampah dengan sistim Takakura, lomba menu sehat balita, gerakan perempuan tanam pohon dan pelihara pohon, sarasehan kiat sehat bagi ibu hamil,  monitoring HKG PKK KB kesehatan tingkat Kota Yogyakarta dan evaluasi HKG PKK KB-Kesehatan tingkat Propinsi DIY. (@mix)

abi is agusbudi | Tanya Komputer