Detail Berita
451 SISWA BERPRESTASI TERIMA BEASISWA
26-05-2009

    Walikota Yogyakarta Herry Zudianto memberi penghargaan berupa beasiswa prestasi akademik Jaminan Pendidikan Tahun 2009 kepada 451 siswa SD, SMP, SMA dan SMK se-kota. Beasiswa ini diserahkan secara simbolis kepada perwakilan siswa berprestasi dari 45 kelurahan bertempat di ruang utama atas Balaikota Yogyakarta disaksikan  Ketua DPRD Kota, Camat dan Lurah, belum lama ini (14/01).
    Pada kesempatan itu Pak Herry mengatakan, sudah seharusnya anak-anak yang berprestasi di bidang akademik diberi penghargaan yang setinggi-tingginya. Penghargaan ini sebagai ungkapan kebanggaan terhadap upaya siswa dalam proses pembelajaran. Walikota mengajak para siswa penerima beasiswa untuk terus mempertahankan prestasi di bidang akademiknya dan mendorong teman-teman sekampung agar bias berprestasi seperti mereka. “Saya ingin teman-teman sekampung kalian terdorong dan meniru prestasi yang kalian raih. Dan mereka merasa juga tidak mau kalah dengan kalian sehingga mencoba belajar giat, yang akhirnya mereka prestasi sebagai kelompok anak-anak yang layak mendapat penghargaan dari pemerintah”, kata Pak Walikota.
Dikatakan, pemkot akan serius menyadarkan penduduk akan pentingnya pendidikan. Karena jika pendidikan masyarakat baik maka masa depan masyarakat Kota Yogyakarta juga akan terbuka lebar, pendidikan sangat penting bagi kemajuan masa depan bangsa.
    Ketika menyampaikan beasiswa, Pak Herry merasa bangga karena penerima beasiswa bukan saja siswa dari keluarga non KMS tetapi siswa dari keluarga penerima KMS. “Bahwa keterbatasan janganlah menjadikan orang harus terbatas berprestasi, justru para siswa penerima beasiswa menjadi lilin-lilin yang senantiasa memancarkan dan memberikan motivasi serta  semangat bagi teman-teman lain di wilayahnya”, tuturnya.
    Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Drs. Syamsuri mengatakan, pemberian beasiswa untuk mendorong siswa meningkatkan kemampuan akademiknya sehingga lebih kompetitif memasuki sekolah yang berkualitas pada jenjang pendidikan berikutnya. Dijelaskan, sasaran beasiswa prestasi akademik diberikan kepada siswa kelompok pemegang Kartu Menuju Sejahtera (KMS) dan non KMS di masing-masing kelurahan yang menyelesaikan studi pada satuan jenjang pendidikan. Sedangkan besaran dana beasiswa bagi siswa SD sebesar Rp. 400 ribu untuk peringkat I dan Rp. 300 ribu untuk peringkat II. Siswa SMP peringkat I Rp. 500 ribu dan Rp. 400 ribu untuk peringkat II. Siswa SMA peringkat I menerima Rp. 600 ribu dan Rp. 500 ribu untuk peringkat II. Siswa SMK, peringkat I menerima Rp. 700 ribu dan Rp. 600 ribu bagi siswa prestasi peringkat II.
    Syamsuri menjelaskan, jumlah penerima beasiswa prestasi akademik sebayak 451 siswa atau 62,64 % dari 720 siswa. Sedangkan jumlah dana yang terserap sebanyak Rp. 212.700.000 atau 59,09 % dari Rp. 360.000.000 yang disediakan.(@mix)

abi is agusbudi | Tanya Komputer