Detail Berita
Alya Dan Arifal Raih Juara Lomba Balita Sehat 2007
19-10-2007

Alya Khairunnisa dari Wirobrajan dan Muhammad Arifal dari Nyutran Mergangsan mendapat juara I Lomba Balita Sehat 2007 yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Alya merebut juara I kategori usia 24-59 bulan, Muhamad Arifal merebut juara I kategori usia 6 - 24 bulan. Lomba Balita Sehat 2007 berlangsung di Pendopo Balaikota Timoho beberapa waktu lalu. Lomba mengedepankan tema "Kita Tingkatkan Peran Keluarga Dalam Mewujudkan Tumbuh Kembang Balita Yang Berkualitas" diikuti oleh sekitar 72 anak balita dari 18 wilayah kerja Puskesmas se Kota Yogyakarta.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, dr. Choirul Anwar M.Kes mengatakan, anak merupakan aset bangsa yang sangat berharga dalam menentukan kelangsungan hidup, kualitas dan kejayaan bangsa di masa mendatang. Untuk itu anak perlu mendapatkan pemenuhan hak dan kebutuhan akan hidup sehat yakni makanan dan zat gizi, kesehatan, bermain, kebutuhan emosional, pengembangan moral, pendidikan serta lingkungan keluarga yang mendukung.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta, Hj. Dyah Suminar, SE mengatakan, para juara lomba balita sehat 2007 nantinya diharapkan dapat memberikan contoh kepada seluruh masyarakat kota Yogyakarta khususnya para orang tua, bagaimana kiat-kiat yang dilaksanakan sehingga anak-anak mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. "Akan kami programkan di PKK, kami minta nantinya para juara ini dapat memberikan contoh kepada keluarga lain. Menularkan ilmunya tentang pola pembinaan tumbuh kembang anak yang baik, karena di Kota Yogyakarta masih ada anak-anak balita dalam kondisi perlu perhatian, baik mengenai gizi makanan maupun pola asuh terhadap anak atau balita" tegas Dyah Suminar.

Penilaian Lomba Balita Sehat 2007 meliputi status gizi dan pemberian makanan, kesehatan umum, kesehatan gigi, psikologi, status anak dan ibu, kelengkapan dan ketepatan jadual imuninasi, kepesertaan dalam keluarga berencana, peran serta dalam PKK dan pengetahuan ibu dalam pengasuhan anak. Tim Juri terdiri Dokter Spesialis Anak RSUD Kota Yogyakarta, BKKBC, TP PKK, RS Sardjito, Dinas Kesehatan Kota, dan Persatuan Ahli Gizi Cabang Kota Yogyakarta

Hasil lengkap kejuaraan sebagai beriku : Kategori usia 6-24 bulan : Juara I Muhammad Arifal putra Bapak Yanto dari Nyutran, Juara II Erlin Febrian putra Bapak Febrian dari Ngadinegaran, Juara III Ardiana Alvaro putra Bapak Trisani dari Gedongkiwo, Juara IV Rayhandika Sandy putra Bapak Triyono Jetis, Juara V Azaria Sarah putra Bapak Rana Sahtyawan dari Tukangan. Kategori usia 24 - 59 bulan : Juara I Alya Khairunnisa putra Bapak Yanto dari Wirobrajan, Juara II Khairunnisa Zahra putra Bapak Jarot dari Badran, Juara III Maura Illona Anindya putra Bapak Prasetyo dari Terban, Juara IV Raka Arif Rahman putra Bapak Nurullah dari Kadipaten Wetan dan Juara V Rahmalia Diani putra Bapak Ruchanihadi dari Purbayan.

abi is agusbudi | Tanya Komputer