Detail Berita
WAWALI : BUDAYA K3 MENINGKATKAN MUTU DAN PRODUKTIVITAS KERJA
26-05-2009

Pembudayaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) perlu dikembangkan secara terus menerus karena mempunyai korelasi erat dengan upaya peningkatan mutu kerja dan produktifitas nasional. Demikian dikatakan H. Haryadi Suyuti, Wakil Walikota Yogyakarta saat pencanangan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kota Yogyakarta, dalam upacara Gerakan Nasional K3 bertempat di Pasar Ikan Higienis, Giwangan belum lama ini (7/2). Gerakan Nasional K3 bertujuan meningkatkan kesadaran, partisipasi dan tanggung jawab semua pihak sehingga tercipta perubahan sikap dan perilaku K3 menjadi budaya di tempat kerja dan masyarakat pada umumnya.
    Haryadi menjelaskan, dalam pembangunan saat ini khususnya di bidang konstruksi memiliki angka kecelakaan kerja tertinggi 32 %. Masalah K3 harus dicermati seksama, mencakup seluruh tahapan mulai dari proyek konstruksi, pengoperasian, pemeliharaan dan pembongkaran. Penerapan K3 harus menjadi prasarat utama, terencana, terdokumentasi dan dikelola dengan sistem manajemen K3 yang terintregasi serta dibarengi sikap masyarakat yang safety. “Safety filosofinya lebih luas yaitu  mencakup dalam menjamin keselamatan total dari segala resiko yang mungkin terjadi meliputi keselamatan kerja, kesehatan kerja, dan keselamatan umum (life safety, property safety dan environmental safety)”, tambahnya.
    Sementara itu, Ketua Panitia Bulan K3, Y Irawan Purnama mengatakan, sasaran Bulan K3 adalah terciptanya kesadaran dan perilaku masyarakat yang mencerminkan budaya K3 di setiap tempat kerja untuk mencegah serta menurunkan dan meniadakan terjadinya kecelakaan kerja dalam menjamin stabilitas usaha guna mendukung iklim investasi yang kondusif. Kegiatannya antara lain latihan penanggulangan kebakaran dan evakuasi, penyuluhan K3 door to door ke perusahaan dan penilaian kecelakaan nihil.
    Pencangan Bulan K3 dengan tema “Kita Terapkan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Untuk Peningkatan Produktifitas dan Mutu Kerja” itu juga diperagakan cara-cara penanganan pemadaman kebakaran yang dipandu dari Kodamkar Yogyakarta.(@mix)

abi is agusbudi | Tanya Komputer