Detail Berita
TERBIASA NAIK SEPEDA KE SEKOLAH WALIKOTA DAN SISWA SMP 9 NYEPEDA BARENG KE BALAIKOTA
03-03-2009

SMP Negeri 9 Yogyakarta memang sudah lama menerapkan aturan kepada para siswanya untuk berangkat menuju sekolahan harus memakai sepeda dan tidak boleh menggunakan kendaraan bermotor. Sehingga adanya aturan tersebut membawa konsekuensi bagi para siswa untuk bersepeda dan tak terasa bisa menjadi suatu kebiasaan atau sudah habit bagi siswa SMP 9 untuk selalu menggunakan sepeda.
Pagi itu Kamis (23/10) terasa lain bagi siswa SMP 9 karena Walikota Yogyakarta Herry Zudianto mengajak mereka nyepeda bareng menuju kantornya di Balaikota. Walikota yang didampingi oleh pimpinan dan staf Dinas Pendidikan berangkat dari rumah pribadinya yang terletak di kampung Golo menuju SMP 9. Dari SMP 9 ratusan siswa dan rombongan Walikota mulai bergerak nyepeda bareng menuju taman air mancur Balaikota Yogyakarta. Nyepeda bareng dengan para siswa ini merupakan komitmen mendukung gerakan Sego Segawe (Sepeda Kanggo Sekolah lan Nyambut Gawe) yang bertujuan mengurangi polusi, penghematan BBM, kesemrawutan lalu lintas, menjaga kesehatan dan kebugaran serta mengurangi pemanasan global. Dan diharapkan kegiatan seperti ini dapat mengurangi penggunaan kendaraan bermotor untuk ke sekolah dan berangkat kerja.
Sesampainya di Balaikota diadakan sambung rasa dan sarapan bersama. Herry mengatakan, sebagai makhluk hidup yang tinggal di bumi, manusia lebih membiasakan memberi dan bukan hanya menerima dari alam ini. Dan hendaknya kita dapat menciptakan kebersihan udara dari polusi dan pemanasan global, yang akan bermanfaat bagi kesehatan pengendara sepeda. Pada kesempatan itu, Herry meminta maju kepada para siswa yang tetap setia bersepeda meski jarak rumahnya jauh atau belasan kilometer dari sekolah, kemudian diberi hadiah buku. Herry juga berpesan untuk mempertahankan kebiasaan yang sudah baik yaitu bersepeda ke sekolah.
Kegiatan tersebut diikuti oleh 664 siswa SMP 9 dan sama sekali tidak mengganggu proses belajar mengajar pada hari itu. Proses belajar mengajar di SMP 9 hanya dimundurkan sehingga para siswa tetap mendapatkan ilmu pelajaran sekolah.(byu)

abi is agusbudi | Tanya Komputer