Detail Berita
DARI PENGALAMAN BATIN HINGGA LAUNCHING SEGO SEGAWE
03-03-2009

Tak seperti biasanya Alun-alun Utara Kota Yogyakarta pagi hari kelihatan lengang, namun Senin (13/10) tampak ribuan pesepeda yang berkumpul mengikuti Launching Sego Segawe (Sepeda Kanggo Sekolah Lan Nyambut Gawe). Secara resmi sego segawe dilaunching oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dengan membunyikan bel sepeda diikuti seluruh pesepeda peserta. Tampak hadir dan mendukung Launching Sego Segawe antara lain Walikota dan Wakil Walikota Yogyakarta Herry Zudianto dan Haryadi Suyuti, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota, Arief Noor Hartanto dan Andre S, Komandan Kodim 0734 Letkol Setya Hari, Sekda Prop DIY, Tri Harjun, perwakilan Kapoltabes dan seluruh pimpinan instansi dan sekolah di Yogyakarta beserta karyawan dan ribuan siswa.
Dalam sambutannya, Sri Sultan HB X mengatakan, dengan bersepeda kita menunjukkan tetap cinta pada lingkungan, bersepeda untuk sehat, dan berharap apa yang dilakukan hari ini bisa mempengaruhi yang lain untuk juga bersedia kembali bersepeda dalam  jarak tertentu. “Semoga program sego segawe hari ini bisa berkembang lebih lanjut di waktu-waktu mendatang, selamat bertugas, selamat bersepeda” kata Sri Sultan disambut tepuk tangan para pesepeda.
Sementara itu, Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto penggagas Sego Segawe mengatakan, mulai hari ini pihaknya menyatukan tekad bahwa gerakan Sego Segawe  merupakan gerakan nilai-nilai bagaimana dengan bersepeda kita menjadi bagian dari manusia yang sungguh-sungguh ingin mengurangi pemanasan global, polusi udara dan hemat pemakaian energi, serta upaya untuk membuat badan sehat dan bugar. Lebih dari itu, Herry juga menegaskan, bahwa gerakan bersepeda ini merupakan salah satu bagian dari keistimewaan Yogyakarta. “Mari gerakan bersepeda kita jadikan bagian keistimewaan dari Yogyakarta, budaya bersepeda merupakan ciri khas keistimewaan Jogja itu sendiri” kata Herry Zudianto. Selain itu, dengan gerakan bersepeda kita tunjukkan bahwa bersepeda tidak identik dengan “wong cilik”. Justru menunjukkan orang yang bersepeda adalah orang yang gaul, visioner dan berwawasan lingkungan yang tinggi.
Launching sego segawe dihadiri oleh atlit sepeda dari Yogyakarta Nurhayati peraih tiga medali emas pada PON XVII di Kalimantan Timur, yang juga didapuk membacakan ikrar sego segawe. Setelah launching dilanjutkan bersepeda menuju tempat kerja dan sekolah masing-masing. Begitu pula Walikota dan Wakil Walikota bersama Pimpinan DPRD dan pimpinan instansi langsung menuju tempat kerja. Salam Sepeda, Sego Segawe !!!(team)

abi is agusbudi | Tanya Komputer