Detail Berita
LAYANAN JAMINAN KESEHATAN BAGI MASYARAKAT MISKIN KOTA YOGYAKARTA
03-03-2009

Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta mengeluarkan panduan penyelenggaraan jaminan kesehatan daerah bagi masyarakat miskin di Kota Yogyakarta. Dijelaskan dalam panduan tersebut bahwa semua penduduk miskin Kota Yogyakarta berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibiayai oleh pemerintah : di Puskesmas, Rumah Sakit Pemerintah dan Rumah Sakit Swasta yang ditunjuk, dengan mengikuti persyaratan dan prosedur yang telah ditetapkan.
Prinsip pelayanan bersifat menyeluruh (komprehensif) sesuai standar pelayanan kesehatan, terstruktur, berjenjang dari Puskesmas ke tingkat layanan yang lebih tinggi, mendapat rujukan dari Puskesmas untuk pelayanan spesialistik dan rawat inap ke Rumah Sakit yang di tunjuk. Sedang yang tidak ditanggung pemerintah adalah untuk layanan kaca mata, intra oculer lens, alat bantu dengar dan alat bantu gerak serta pelayanan penunjang diagnostik canggih.

PROSEDUR MENDAPATKAN PELAYANAN KESEHATAN

Bagi masyarakat miskin yang tidak mempunyai KMS (Kartu Menuju Sejahtera) mendapat paket khusus dalam upaya kelangsungan hidup (life saving) yaitu bagi ibu hamil dengan tindakan operasi mendapatkan layanan gratis dengan syarat :
  1. Surat Keterangan dari RT/RW, Lurah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan miskin tanpa rekomendasi dari Dinkesos, besarnya klaim berdasarkan pedoman pelaksanaan, surat diagnosa kehamilan/persalinan dari Puskesmas/RS yang merawat.
  2. Bagi Usia Lanjut (> 60 th) Terlantar : dengan surat keterangan dari RT/RW dan rekomendasi dari Dinkesos.
  3. Kasus KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga), HIV/AIDS, hasil Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak (DDTKA), Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita (DDTKB) dilampiri rujukan dari Penjaringan Kesehatan anak sekolah/Puskesmas
Berkas dikirim ke UPT Jamkesda Balaikota Timoho tidak lebih dari 3 X 24 jam untuk mendapatkan santunan.
UPT Jamkesda Balikota Timoho, Jl. Kenari 56 Yk, Telp. (0274) 562682, 515865 Psw. 299.(nrp)

abi is agusbudi | Tanya Komputer