Detail Berita
DINKESOS KOTA BANTU PENYANDANG CACAT
03-03-2009

Sejumlah 15 penyandang cacat netra (Tuna Netra) di Kota Yogyakarta akan diberikan pelatihan ketrampilan pijat. Pelatihan direncanakan pada awal November bertempat di LBK (Loka Bina Karya) Kota Gede, demikian dikatakan Drs. Sih Harto, Kasi Rehabilitasi Masalah Sosial, Dinas Kesejahteraan Sosial Kota Yogyakarta.

Dijelaskan, sebelum dilaksanakan pelatihan pihaknya melakukan seleksi terlebih dahulu, dengan ketentuan penyandang cacat netra berdomisili dan ber KTP Kota Yogyakarta. ”Untuk tahun ini kami memfokuskan penyandang tuna netra terlebih dahulu, kedepan akan dikelompokan sesuai dengan cacat yang disandang, dan nantinya akan diberikan bantuan secara bergantian. Pelatihan dengan mendatangkan instruktur profesional yang mampu mendidik para tuna netra. Seusai pelatihan akan diberikan bantuan sejumlah Rp. 500.000,00 sebagai dana stimulan,” terang Sih Harto.
 
Selain itu Dinkesos akan melaksanakan pembinaan terhadap keluarga penyandang cacat sejumlah 20 orang. Pembinaan dilakukan selama dua hari bagi mereka khususnya yang mempunyai anggota keluarga penyandang cacat berat. Tujuannya agar keluarga yang mempunyai anggota keluarga cacat dapat bertanggung jawab, karena selama ini penyandang cacat sering dikesampingkan dan tidak diperhatikan. ”Materi pada pembinaan diantaranya masalah psikologi, karena dari sisi kemanusiaan mereka tetap ingin diuwongke, butuh kasih sayang, pendampingan, dan mereka tetap bagian dari warga masyarakat,” tandasnya.
 
Para keluarga yang mempunyai anggota keluarga penyandang cacat berat nantinya akan mendapat bantuan sebesar Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah). Diharapkan, kata Sih Harto, agar bantuan ini tepat sasaran, tepat guna, dapat bermanfaat bagi yang menerima bantuan, artinya bahwa keluarga penyandang cacat yang diberikan pelatihan ini dapat berusaha dan mempunyai penghasilan sendiri. Dari stimulan yang diberikan, dengan harapan usahanya dapat meningkat, baik sisi penghasilan maupun kasih sayang.(and)

abi is agusbudi | Tanya Komputer