Detail Berita
KELOMPOK LANSIA RW DAPAT BANTUAN 233 JUTA
03-03-2009

Lansia menjadi salah satu prioritas pembangunan Pemkot Jogja. Upaya meningkatkan kesehatan usia lanjut serta menjaga kemampuannya agar tetap produktif, merupakan langkah untuk meningkatkan kesejahteraan sosial lanjut usia. Lansia yang produktif, mandiri dan terampil diharapkan dapat berperan aktif mengisi pembangunan. Selain itu juga diharapakan dapat memberi semangat bagi generasi muda untuk terus berkreasi.

Untuk meningkatkan taraf kesejahteraan lansia, Pemkot Yogyakarta mengucurkan dana bantuan sebesar 233 juta rupiah beberapa waktu lalu. Dana sebesar ini diterimakan kepada 466 kelompok lansia tingkat RW se-kota, sehingga masing-masing kelompok menerima 500 ribu rupiah. Dana bantuan ini diharapkan dapat digunakan sebagi stimulan untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang mendukung kualitas hidup lansia.

Upaya lain meningkatkan kesejahteraan sosial lansia juga ditempuh dengan dibentuknya Komisi Kota Lanjut Usia Kota Yogyakarta. Hal ini sebagai wadah koordinasi antara Pemkot Yogyakarta dan masyarakat yang bersifat non struktural dan independen. Komisi Kota Lanjut Usia Kota mempunyai tujuan dalam berbagai fungsi pelayanan dan bantuan sosial, antara lain dalam hal pelayanan keagamaan dan mental spiritual, kesehatan, kesempatan kerja, pendidikan dan latihan, kemudahan dalam penggunaan fasilitas, sarana dan prasarana umum, kemudahan dalam layanan dan bantuan hukum, dan perlindungan sosial.
 
Kota Yogyakarta dengan jumlah lansia 43.834 jiwa atau 9,2% dari total penduduk, melebihi skala nasional yang hanya 7 % dari total penduduk. Banyaknya jumlah lansia ini menjadi salah satu tanda keberhasilan pembangunan sumber daya manusia yang sehat dan bahagia sehingga dapat mencapai usia yang panjang. Komitmen Lansia Kota Yogyakarta adalah menjadi lansia yang sehat, agamis dan mandiri dalam berbagai aspek agar sisa usia yang diberikan Allah SWT bisa bermanfaat melalui berbagai aktivitas, kegiatan dan layanan yang ada di lingkungan masing-masing secara swadaya dan bermitra.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer