Detail Berita
WARGA SEMAKI GEDE BUAT KIA KOLEKTIF
03-03-2009

Warga masyarakat Semaki Gede Kecamatan Umbulharjo melakukan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) secara kolektif. Pembuatan KIA ini dimotori ketua Rukun Tetangga (RT) 18 Rukun Warga (RW) 06, Priyono. Menurut Priyono ketika ditemui koran ini mengatakan, kegiatan pembuatan KIA secara kolektif ternyata sangat diminati warga. Hal ini tebukti dengan banyaknya warga khususnya orangtua yang berantusias membuatkan KIA (Kartu Identitas Anak) untuk anaknya ataupun cucunya.
“Awalnya pembuatan KIA ini hanya untuk kalangan RT yang jumlahnya hanya sekitar 30 anak. Setelah pelaksanaan pemotretan di lapangan, warga RT dan RW yang lain ikut juga membuat. Tak terduga yang pada akhirnya, alhamdullilah, satu kampung Semaki Gede dengan jumlah 187 anak bisa dipotret. Ini terjadi dalam kurun waktu 3 jam,”tutur Priyono.
Dijelaskan dengan kegiatan jemput bola semacam ini masyarakat akan merasa terbantu dan menyadari arti pentingnya sebuah identitas diri. Priyono tidak memungkiri bahwa selama ini masih banyak warga masyarakat yang kurang memahami dan tidak tahu banyak tentang KIA yang ada di Kota Yogyakarta. Priyono berharap semoga anak-anak warga kota Yogyakarta sudah dapat memiliki identitas tidak hanya bagi pemegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja namun anak-anak di bawah usia 17 tahunpun memiliki kartu identitas.(@mix)

abi is agusbudi | Tanya Komputer