Detail Berita
KECAMATAN KRATON JUARA I FESTIVAL LANGEN CARITO HUT KE 252 KOTA JOGJA
06-11-2008

KECAMATAN KRATON JUARA I FESTIVAL LANGEN CARITO HUT KE 252 KOTA JOGJA   

            Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 252 Kota Yogyakarta, Dinas Pariwisata Seni dan Budaya (Disparsenibud) mengadakan Festival Langen Carito untuk tingkat sekolah dasar antar Kecamatan se-kota.

Kepala Disparsenibud Kota Jogja, Hadi Muhtar mengatakan, Festival Langen Carito bertujuan sebagai ajang kreasi dan apresiasi anak untuk berolah seni dalam bentuk fragmen (drama tradisional). “Harapan kami kegiatan ini mampu menggugah semangat anak-anak khususnya, dan orang tua pada umumnya untuk merasa handarbeni kebudayaan milik sendiri yang adiluhung yang pernah digeluti dan menjadi kesukaan anak-anak pada masa silam” ungkap Hadi Mochtar, belum lama ini (21/08) di Monumen Serangan Oemoem 1 Maret.

            Ditambahkan, festival langen carito ini, selain untuk menanamkan pendidikan budi pekerti pada anak sejak dini, juga dalam rangka pelestarian, pembinaan, dan pengembangan seni budaya tradisional agar jangan sampai punah tergilas oleh arus modernisasi global yang secara tidak langsung telah melanda dunia anak didik di Indonesia.

            Keluar sebagai juara I  Kontingen Kecamatan Kraton yang membawakan lakon “Aryo Penangsang”. Juara II dan III masing-masing Kecamatan Danurejan  membawakan cerita Cindelaras, dan Kecamatan Wirobrajan dengan cerita berjudul Kuncung lan Bawuk. Sedang untuk juara Harapan I, II dan III masing-masing diraih Kecamatan Mergangsan (cerita : Joko Tingkir), Mantrijeron (cerita : Aryo Penangsang Gugur), dan Umbulharjo (cerita : Cide Laras).  Masing-masing juara akan mendapatkan Thropy, Piagam, dan uang pembinaan.

             Festival Langen Carito ini  berlangsung selama 3 hari diikuti 14 Kecamatan se-kota. Para kontestan  dinilai tim juri yang terdiri dari M. Habib Bari, Drs. Koeswaryanto, M.Hum., Drs. Sunardi, Priyo Dwiarso, dan Nyi Rio Pujaningsih, M.Hum.(@mix)

abi is agusbudi | Tanya Komputer