Detail Berita
JOGJA KULINER EXPO
06-11-2008

JOGJA KULINER EXPO

Agenda HUT Kota Yogyakarta yang mengangkat potensi jajanan dan makanan khas adalah Jogja Kuliner  Expo 2008. Acara yang digelar sebelum bulan puasa (24/8) bertempat di Benteng Vredeburg diikuti sekitar 80 peserta dan  dibuka Wakil Walikota H. Haryadi Suyuti. Tampak hadir dalam Jogja Kuliner Expo adalah tokoh kuliner Indonesia Bondan “mak nyuss” Winarno, Kepala Dinas Parsenibud Kota Yogyakarta Hadi Muhtar dan tamu undangan dari PHRI dan pemerhati kuliner yang ada di Jogja.

Pada kesempatan itu Wakil Walikota Yogyakarta, H. Haryadi Suyuti mengatakan  keberadaan wisata kuliner akan mendukung sektor pariwisata dan hal ini akan berdampak pada tambahnya  length of stay kunjungan wisatawan ke Yogyakarta. Wawali berkeyakinan wisata kuliner akan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Yogyakarta. Namun dirinya juga berharap agar makanan tradisional juga dapat dikemas secara baik dan lebih berkualitas lagi.

Dipihak lain tokoh kuliner Bondan “mak nyuss” mengatakan, kuliner merupakan bagian dari pusaka budaya, oleh karenanya kuliner tidak boleh dilecehkan lagi. “Kuliner merupakan kekuatan ekonomi rakyat karena usaha kecil menengah kebanyakan berasal dari sektor makanan. Bohong besar kalau mengatakan ekonomi pro rakyat tapi tidak berpihak pada kuliner” ujar Bondan.

Dalam Jogja Kuliner Expo juga diadakan festival dengan pemenang sebagai berikut : Juara I Kategori Profesional diraih Hotel Grand Quality “Ayam Goreng Rempah”. Juara II dan III diraih Hotel Grand Quality “Nasi Megono” dan Hotel Shapir “Soup Bola Ayam”. Juara I Kategori Non Professional diraih Nur Wahyu  judul menu “Nasi Tiwul”. Juara II dan III diraih Agung Nugroho judul menu “Ayam Bacem Bakar” dan Rini Setyaningsih judul menu “Nasi Merah”. 

Juara I Kategori Non Profesional, jenis makanan kecil dan minuman diraih Ny. Siti Umi Latifah judul karya “Lemper Gulung Isi Gudhek”. Juara II dan III masing-masing diraih Ny. Sutikno “Sumping Lumpuh Lawuh” dan Ika Wisnu judul karya “Jadah Manten”.

abi is agusbudi | Tanya Komputer