Detail Berita
Jogja Dalam Lensa – Jogjaku Bersih Kotaku Asri
19-10-2007

Menyambut HUT ke - 251 Kota Jogja, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta mengadakan Lomba Foto dengan tema Pariwisata. Pelaksanaannya dibagi dalam beberapa tahap yaitu tahap awal pengumpulan foto mulai 17 Juli s/d 15 September 2007, tahap penjurian mulai 20 September 2007, dilanjutkan tahap pengumuman hasil lomba. bertempat di Taman Budaya Yogyakarta. Sedang tanggal 5 s/d 7 Oktober 2007 digelar pameran foto-foto dan pembagian hadiah pemenang  lomba.

Kepala Dinas Parsenibud, H. Hadi Muhtar, SE, MM  menjelaskan, Lomba Foto Pariwisata Tahun 2007  mengambil tema "Jogja Dalam Lensa - Jogjaku Bersih Kotaku Asri". Tujuannya adalah mendokumentasikan aktivitas dan potensi pariwisata Jogja dalam karya fotografi. Disamping itu mendorong kreativitas seniman foto untuk mengabadikan potensi pariwisata Jogja dari setiap sudut dan sisi, serta menjadikan karya foto sebagai bahan promosi dan informasi pariwisata Kota Jogja. Hadi Muhtar berharap, lomba foto mampu menampilkan citra kepariwisataan Kota Jogja sekaligus sebagai bahan pemasaran dan promosi pariwisata untuk menarik kunjungan wisatawan ke Jogja.

Mengenai ketentuannya, Muhtar menjelaskan, lomba foto kali ini  memiliki beberapa ketentuan seperti : Peserta terbuka untuk umum baik profesional maupun amatir; Panitia dan Dewan Juri tidak diperkenankan mengikuti lomba; karya foto dikirim dalam amplop tertutup, kiri atas tulisan LOMBA FOTO PARIWISATA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2007 ditujukan ke PANITIA LOMBA FOTO PARIWISATA KOTA YOGYAKARTA, JL Suroto 11 Kotabaru Yogyakarta, Kode Pos. 55224.

Ditambahkan oleh Muhtar, objek foto harus mencerminkan lokasi Kota Yogyakarta dan mengambil tema tentang obyek wisata, atraksi wisata, upacara adat, arsitektur bercirikan Kota Yogyakarta. Peserta tidak dipungut biaya pendaftaran dan bebas mengirimkan karya foto maksimal 10 buah, merupakan karya pribadi bukan karya orang lain dan belum pernah dipublikasikan di media massa serta belum pernah memenangkan lomba, dibuat tahun 2006 ke atas.

Peserta bebas menggunakan segala type kamera baik digital maupun analog. Foto merupakan hasil print out di atas kertas ( berwarna atau hitam putih ) ukuran 12 R, sisi terpanjang 40 cm dan minimal 35 cm, sisi pendek mengikuti format yang dipilih fotografer dan tanpa mounting.  Dibalik foto ditempel kertas berisi nama, alamat, keterangan judul, tahun pembuatan, lokasi serta nomor telepon yang bisa dihubungi, imbuh Hadi.

Pemenang dan nominator wajib mengirimkan film atau file aslinya. Peserta tidak diperbolehkan  memanipulasi foto, olah digital diperbolehkan sebatas burning, dodging, sharpening dan cropping tanpa mengubah nilai dokumentasi dari foto. Panitia berhak untuk menggunakan foto yang dikirim sebagai publikasi umum. Karya foto yang tidak termasuk pemenang dan nominator dapat diambil kembali paling lambat tanggal 30 Oktober 2007 di Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kota Yogyakarta, JL Suroto 11 Kotabaru.

Panitia menyediakan hadiah Rp. 22 juta dengan rincian Juara I mendapat Thropy, piagam dan uang pembinaan  Rp.5 juta, Juara II mendapat Thropy, piagam dan uang pembinaan  Rp.4 juta, Juara III mendapat Thropy, piagam dan uang pembinaan  Rp. 3 juta. Sedangkan 50 nominator mendapat piagam dan uang pembinaan Rp. 200.000,-

abi is agusbudi | Tanya Komputer