Detail Berita
JAMINAN KESEHATAN BAGI PENGURUS RT/RW/LPMK/PKK RW
06-11-2008

JAMINAN KESEHATAN BAGI PENGURUS RT/RW/LPMK/PKK RW  

Pengabdian tulus para pengurus RT / RW, LPMK dan PKK RW di Kota Yogyakarta pantas mendapat perhatian dari Pemkot Yogyakarta. Terlebih di kota ini mereka melayani masyarakat yang plural merupakan tantangan yang tidak ringan. Untuk itu Pemkot Yogyakarta memberikan penghargaan kepada mereka berupa jaminan pemeliharaan kesehatan atau jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) yang bersumber dari APBD. Diharapkan dengan jamkesda ini dapat terwujud derajad kesehatan yang optimal bagi mereka.

 

Menurut Kepala UPT Jamkesda, Kusminatun, Amd.Keb,S.Pd, Sasaran Jamkesda tahun 2008 bagi pengurus RT/RW/LPMK/PKK RW akan diberikan kepada 10.774 (sepuluh ribu tujuh ratus tujuh puluh empat) orang. Masing-masing adalah 3 orang pengurus RT, 3 orang pengurus RW, 3 orang pengurus LPMK dan 2 orang pengurus PKK RW se kota Yogyakarta. Pengajuan nama - nama yang berhak mendapatkan jamkesda diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing kepengurusan RT/RW/LPMK/PKK RW. “Jamkesda bisa diberikan kepada pengurus yang belum mempunyai asuransi kesehatan. Kalau ketua RTnya seorang PNS dapat dialihkan kepada pengurus lain” ujar Kusminatun.

 

Jamkesda ini berupa pemberian bantuan biaya pelayanan kesehatan baik rawat jalan dan rawat inap dengan plafon tertentu. Dijelaskan, “Jamkesda ini sifatnya bantuan jadi bukan berarti dengan jamkesda semua pelayanan kesehatan digratiskan”.

Fasilitas pelayanan kesehatan yang diberikan adalah rawat jalan tingkat pertama di puskesmas/puskesmas pembantu dan dokter keluarga yang disetujui dan rawat jalan tingkat lanjut serta rawat inap di RSUD/RS Swasta yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.

 Prosedur pelayanan :
  1. Mendapatkan pelayanan di puskesmas Kota Yogyakarta dengan menunjukkan Kartu Jamkesda.
  2. Pelayanan di Puskesmas luar Kota Yogyakarta (RS Pemerintah dan swasta, dokter praktek swasta dan puskesmas di luar kota Yogyakarta) peserta membayar terlebih dahulu kemudian diklaimkan ke UPT PJKD.
Syarat Pengajuan Klaim :
  1. Foto copy kartu Jamkesda yang dilegalisir Lurah setempat 1 lembar.
  2. Kuitansi pembayaran asli dilengkapi foto copy resep atau kuitansi pembayaran asli yang disebaliknya dicantumkan obat-obatan yang diberikan.
  3. Kuitansi pembayaran asli dicantumkan diagnosa penyakit.
  4. Kuitansi pembayaran asli dicantumkan dokter spesialis atau dokter umum yang melakukan pemeriksaan.
Untuk Rawat Inap :
  1. Foto copy kartu Jamkesda yang dilegalisir Lurah setempat 1 lembar.
  2. Kuitansi tembusan asli dari RS dilengkapi perincian biaya.
  3. Kuitansi pembayaran asli dari RS dicantumkan dignosa penyakit.

Klaim berlaku selama 1 bulan sejak tanggal pembayaran. Pelayanan rawat inap yang bisa ditanggung maksimal kelas II RS swasta & atau Kelas I RSUD Kota Yogyakarta.

Informasi dan pengaduan : UPT PJKD Jl Kenari 56 Komplek Balaikota Telp (0274) 515865-515866 pswt 251/199(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer