Detail Berita
LEBARAN, PUSKESMAS BUKA 24 JAM
03-11-2008

LEBARAN, PUSKESMAS BUKA 24 JAM

Untuk memberikan pelayanan kesehatan masyarakat secara maksimal, tiga Puskesmas di Kota Jogja, yakni Puskesmas Tegalrejo, Puskesmas Mergangsan dan Puskesmas Jetis buka selama 24 jam pada Hari Raya Idul Fitri 1429 H (1 dan 2 Oktober 2008). Dipilihnya tiga puskesmas tersebut karena mempunyai layanan rawat inap dan terletak di jalan utama jalur mudik lebaran. Puskesmas Tegalrejo di Jalan Magelang, Puskesmas Mergangsan di Jalan Kol. Sugiyono dan Puskesmas Jetis di Jalan Diponegoro. Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Dr Choirul Anwar, M Kes di Balaikota, Kamis (19/09). Sedangkan Puskesmas lainnya di wilayah Kota Yogyakarta hanya tutup pada hari H lebaran (1 dan 2 Oktober), sebelum dan sesudah lebaran tetap buka seperti biasa, kata Choirul.

Ditambahkan, untuk memberikan pelayanan khusus kepada pemudik dan masyarakat luas, Dinas Kesehatan Kota menyediakan Posko Kesehatan yang buka 6 hari sebelum dan 6 hari sesudah lebaran selama 24 jam. Adapun lokasi Posko kesehatan antara lain : Stasiun Tugu, Ujung Utara Jalan Malioboro (Teteg), Stasiun Lempuyangan, Terminal Giwangan, dan Simpang empat (Galleria Mall). Di setiap posko petugas yang siaga adalah dokter, perawat, PMI, Pramuka yang bekerjasama dengan Puskesmas dan Kepolisian. Selain itu kami juga menyediakan ambulance on call 24 jam di nomor telepon 118.  

Direktur RSUD Kota Yogyakarta, Dr Mulyo Hartana, Sp.PD, mengatakan RSUD pada lebaran tetap melakukan pelayanan yaitu pelayanan pasien Poliklinik atau Rawat Jalan tetap buka pada hari Senin dan Selasa tanggal 29 dan 30 September 2008. Pelayanan Gawat Darurat dan Rawat Inap tetap buka 24 jam. Namun pelayanan pasien Poliklinik atau Rawat Jalan akan libur pada Rabu s/d Minggu tanggal 1 s/d 5 Oktober 2008 dan dibuka kembali pada Senin, 6 Oktober 2008.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer