Detail Berita
LAHAN SAMPAH JADI LAHAN PEMANCINGAN
03-11-2008

LAHAN SAMPAH JADI LAHAN PEMANCINGAN

 

Sebuah lahan kosong yang selama ini sebagai tempat membuang sampah, direkayasa oleh warga RT 10 RW 06 Kelurahan Rejowinangun menjadi lahan bermanfaat. Tempat tersebut dijadikan beberapa petak kolam ikan yang dimanfaatkan untuk pembesaran dan pemancingan.

Menurut salah seorang warga RT 19/06 Rejowinangun, Wawan Sutrisno yang juga mengelola kolam tersebut, ide awal pembuatan kolam ikan dan pemancingan tersebut karena melihat lahan tidur hanya dipakai warga sebagai tempat pembuangan sampah, sehingga terlihat kumuh, kotor, berbau dan sumber penyakit. Setelah diusulkan pada rapat RT akhirnya disetujui dimanfaatkan sebagai kolam ikan dan pemancingan. “Daripada dipakai tempat sampah yang nyata-nyata kotor, bau dan merupakan sumber penyakit, lebih baik diusulkan untuk dimanfaatkan menjadi kolam ikan, dan ternyata warga juga sepakat” kata Wawan Sutrisno.

Setelah berjalan tiga bulan ini, kenyataannya kolam berukuran 7 x 7 m itu memberikan hasil cukup lumayan terutama dari kolam sebagai arena pemancingan. Setiap hari banyak yang mancing di kolam ini, apalagi pada Kamis malam dan malam Minggu, kolam tampak padat tak kurang dari 30 pemancing yang datang.

Menurut Wawan Sutrisno, setiap minggu ada pemasukan dari pemancingan tersebut sekitar Rp. 110 ribu dan sebagian disetor ke kas RT dan selebihnya untuk biaya operasional pengelolaan kolam. Ditambahkan, dulunya kolam akan digunakan sebagai kolam pembesaran ikan, namun ketika banyak peminat kegiatan mancing maka sebagian kolam dipakai untuk pemancingan. “Para pemancing tidak hanya dari wilayah Rejowinangun saja tapi yang datang juga dari berbagai wilayah.” tambahnya. Sebagai modal awal pengelolaan kolam dikeluarkan dana Rp 900 ribu, dan  kolam dibuat sendiri oleh warga secara gotong royong. Saat ini kolam warga tersebut diisi ikan bawal, nila dan lele. Sedang kolam pemancingan diisi ikan lele, setiap pemancing di kolam ini  cukup mengeluarkan biaya Rp 12.000,-. “Dengan biaya mancing Rp 12.000 kami masih mendapatkan keuntungan yang hasilnya bisa kami manfaatkan untuk kas RT” kata Wawan Sutrisno.

 

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer