Detail Berita
PAGAR HIDUP RW 14 MINGGIRAN HIJAUKAN LINGKUNGAN
03-11-2008

PAGAR HIDUP RW 14 MINGGIRAN

HIJAUKAN LINGKUNGAN

 

            Bila hati telah menyatu menjiwai kegiatan PKK ternyata dapat menterjemahkan dalam kehidupan keseharian. Salah satunya adalah menjadikan halaman yang teratur indah dan nyaman dapat diwujudkan oleh warga RW 14 Kelurahan Suryodiningratan, Kecamatan Mantrijeron. Dengan mengajak warga sekitar untuk menanami sejengkal tanah pekarangan dengan berbagai tanaman yang bermanfaat, seperti bunga, tanaman hias, buah hingga pohon kayu, dapat menyejukan suasana kampung halaman. Demikian awal penjelasan Ibu Sriyati warga RW 14 Suryodiningratan.

            Menurut Sriyati, RW 14 terdiri dari lima RT yaitu RT 48, 49 merupakan warga Perumahan  Minggiran Baru, kemudian RT 50, 51 dan 52 merupakan warga yang berada di tengah perkampungan Minggiran. Penataan lingkungan dilakukan dengan cara menanami pagar halaman dengan tanaman perdu teh-tehan atau tanaman bunga hias lainnya, telah memberikan kesejukan pandangan dan kesegaran udara sekitar.

            Untuk RT 48 dan 49 yang merupakan lingkungan perumahan, mereka membuat pagar hidup pada dinding luar pagar tembok, atau dengan memasang pot di atas pagar. Hal ini dilakukan karena pagar sudah terlanjur permanen, namun kegiatan tanam tanaman tetap dilakukan. Sedang yang diperkampungan masih memungkinkan untuk menanami dengan pagar hidup.

Lebih lanjut dijelaskan, kegiatan pagar hidup ini dapat terlaksana karena pagar hidup sudah ada sejak tahun 90-an; ketaladanan dari anggota Kelompok Tani Patria yang peduli tanaman; tanaman karya Kelompok Tani tersebut terbukti bermanfaat bagi keluarga/masyarakat sekitar; adanya lahan yang dapat digunakan sebagai percontohan. Disamping itu dijelaskan, kemudahan dalam mendapatkan bibit tamanan dan ada kader PKK RT yang sepaham tentang pembuatan pagar hidup serta interaksi sosial dan komunikasi yang akrab antar sesama warga. Juga ada bimbingan dari Kantor Pertanian dan Kehewanan Kota Yogyakarta serta bimbingan dari Kantor Kelurahan Suryodiningratan.

Manfaat yang diperoleh dengan adanya pagar hidup antara lain adalah : lingkungan jalan kampung tampak sejuk, teduh dan udara disekitar terasa segar dan nyaman. Disamping itu dapat mengurani polusi gas buang kendaraan. Menjadikan warga krasan di rumah karena ada kesibukan  tersendiri mengurus dan merawat pagar hidup. Dan yang lebih penting adalah dapat menumbuh-kembangkan rasa solidaritas warga untuk kerja bakti bersama  yang pada akhirnya mendukung tingkat kenyamanan hunian warga.(nrp)

abi is agusbudi | Tanya Komputer