Detail Berita
SKB KOTA LAKUKAN KURSUS PARA PROFESI
03-11-2008

SKB KOTA LAKUKAN KURSUS PARA PROFESI

           

Sebagai upaya mengurangi angka pengangguran, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Yogyakarta saat ini tengah mengelola penyelenggaraan program Kursus Para Profesi (KPP) yang terintegrasi dalam community college. Program ini merupakan kerjasama Pemkot Yogyakarta dengan Direktorat Pembinaan Kursus dan Kelembagaan Ditjen Pendidikan Nonformal dan Informal Depdiknas. Sasarannya adalah warga masyarakat yang berada dalam rentang usia 18 - 35 tahun, berstatus belum atau tidak bekerja, dan diprioritaskan dari keluarga kurang mampu.

Untuk pelaksanaan program ini SKB Kota Yogyakarta menggandeng lembaga mitra antara lain: Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) “Total Security” untuk profesi bidang security/satpam, Lembaga Pengembangan Profesi (LPP) “Quantum Idea” dalam bidang medical representative/perawat, dan LPK Hanna dalam bidang Instruktur Senam.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Drs Syamsuri, MM, pelaksanaan program KPP saat ini telah menunjukkan kemajuan yang menggembirakan, hal ini ditunjukkan dengan penyerapan tenaga kerja melalui job order dari dunia usaha dan dunia industri yang terdiri dari bidang profesi medical representative, tenaga security dan instruktur senam.

Lebih lanjut menurut Syamsury, Hasil sementara program ini hingga Agustus 2008 telah melatih 40 orang peserta bidang security, 15 orang diantaranya diterima bekerja di PT SOS Semarang, 25 lainya dalam proses rekrutmen memasuki dunia kerja. Bidang instruktur senam 10 orang sedang dalam proses pendidikan yang akan berlangsung hingga Oktober 2008. Juga telah dilatih 45 orang peserta bidang Medical Representative, 23 diantaranya telah diterima bekerja di PT Landson Pertiwi Agung, 2 orang di PT Bernofarm, dan 20 orang lainnya dalam proses rekrutmen dunia kerja. Sedangkan saat ini telah direkrut juga 45 orang peserta bidang Medical Representative angkatan ke-2 dan akan mengikuti diklat selama 1 bulan di LPP Quantum Idea.

            Bertempat di Ruang Utama Atas Balaikota, beberapa waktu lalu dilakukan  Pemantapan Kursus Para Profesi Terintegrasi Community College. Acara pemantapan dihadiri Direktur Pembinaan Kursus dan Kelembagaan Depdiknas, Dr.Wartanto, MM serta ratusan peserta program KPP. Dengan agenda Penutupan KPP Medical Representative Angkatan 1 dan Bidang Security serta Pemantapan Bidang Instruktur Senam dan Pembukaan KPP Medical Representative Angkatan 2.

Informasi SKB Kota Yogyakarta, Jalan Bung Tardjo No. 9 A, Telepon  (0274) 546460

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer