Detail Berita
PERPUSTAKAAN SDN GLAGAH JUARA NASIONAL
03-11-2008

PERPUSTAKAAN SDN GLAGAH JUARA NASIONAL

 

Prestasi SDN Glagah patut diacungi jempol. Perpustakan sekolah tersebut berhasil meraih juara II dalam lomba perpustakaan tingkat nasional pada akhir Juli lalu. Sekolah yang berlokasi di jalan Muja-Muju Umbulharjo ini sukses bersaing dengan 33 Propinsi di Indonesia.

Ruang perpustakaan seluas 101,25 m2 mempunyai  berbagai fasilitas sangat menarik. Koleksi bukunya mencapai 2.053 eksemplar sedang non buku sebanyak 210 buah. Siswa juga bisa mengakses koleksi buku melalui situs www.sdglagahyk.sc.id. Bahkan buku-buku digitalpun juga tersedia. Lebih menarik lagi di perpustakaan ini terdapat layanan internet dan ruang audio visual dilengkapi dengan TV dan VCD player. Berbagai VCD ensiklopedi dan lingkungan biasa ditonton bareng anak-anak. Dengan suasana yang menyenangkan ini, maka tak salah kalau setiap harinya puluhan anak-anak berseragam merah putih selalu memenuhi ruangan tersebut.

Menurut Kepala Sekolah SD Glagah, Sarmidi, Spd, upaya untuk meraih sukses ini dilalui dengan beberapa tahapan seleksi. “Setelah berhasil masuk 10 besar dari 33 propinsi, Perpustakaan SDN Glagah terpilih dalam 6 besar sehingga berhak mengikuti seleksi lanjutan di Bandung. Pada seleksi akhir, kami diharuskan membuat karya tulis tentang program pengembangan perpustakaan, presentasi dan tes wawancara. Dari seleksi akhir ini kami terpilih sebagai juara II, sedangkan juara pertama diraih SDN Pelita Harapan Jawa Barat,” terangnya. Dijelaskan “Kami sengaja mengelola perpustakaan semenarik mungkin. Kami ingin meningkatkan minat baca anak, karena dengan banyak membaca sangat berpengaruh pada peningkatan kualitas pendidikan,” tuturnya.

Ditanya tentang rahasia suksesnya Sarmidi mengatakan bahwa majunya perpustakaan SD Glagah ini bukan hanya karena fasilitasnya saja, tetapi juga didukung oleh peran pengelolanya. Sarmidi sengaja menyerahkan pengelolaan perpustakaan kepada ahlinya. “Biar optimal kami menggunakan tenaga ahli lulusan D3 perpustakaan,” paparnya.

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer