Detail Berita
TATA CARA PEMBEKUAN DATA KEPENDUDUKAN DAN PENCABUTANNYA
03-11-2008

TATA CARA PEMBEKUAN DATA KEPENDUDUKAN DAN PENCABUTANNYA

 

Penduduk Kota Yogyakarta adalah mereka yang memenuhi syarat sesuai dengan Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 7 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan. Berikut prosedur dan tata cara pembekuan data kependudukan.

Pembekuan Data Penduduk diberlakukan kepada mereka :

  1. Tidak berdomisisli sesuai dengan alamat yang tertera di KK/KTP lebih dari 1 tahun tanpa memberikan Laporan Domisili kepada Instansi Pelaksana dan proses pemutakhiran data base kependudukan melalui kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) dan pengisian menggunakan formulir F1.01.Tahun 2005 dan 2007.
  2. Masa berlaku KTP telah habis dari 1 tahun.
  3. Identitas data tidak dikenal / tidak diketahui oleh RT dan RW setempat hasil proses pemutakhiran data penduduk.

 

Persyaratan Pengajuan Pencabutan Pembekuan Data :

  1. Surat pengantar RT/RW;
  2. Menunjukkan / Fotocopy KK, KTP pemohon;
  3. Surat pernyataan diatas materai Rp 6.000,- yang berisi tidak memiliki dokumen kependudukan ditempat lain;
  4. Mengajukan permohonan pencabutan pembekuan data kepada Kepala Instansi Pelaksana.

 

Mekanisme Pencabutan Sanksi Pembekuan Data :

-         Pemohon : Penduduk membawa persyaratan yang diperlukan secara lengkap dan benar, mengisi permohonan pencabutan sanksi pembekuan data yang di ketahui RT / RW dan Kelurahan.

-         Kelurahan: 1) Petugas registrasi Kelurahan mencatat permohonan pencabutan sanksi pembekuan data pemohon di Buku Harian peristiwa penting dan peristiwa kependudukan serta dalam Buku Induk Penduduk. 2) Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data pemohon dan menyerahkan kembali ke pemohon untuk dibawa ke Instansi Pelaksana.

-         Instansi Pelaksana : 1) Petugas registrasi / staf mencatat permohonan pencabutan data dalam Buku Harian Peristiwa Penting dan Peristiwa Kependudukan. 2) Instansi Pelaksana memberikan pertimbangan dan jawaban mengabulkan/menolak permohonan pencabutan sanksi pembekuan data tersebut. 3) Instansi Pelaksana segera memproses pengaktifan database nya bagi yang dikabulkan namun apabila menolak maka Instansi Pelaksana dapat menerbitkan Surat Keterangan Pindah untuk digunakan sebagai dasar penerbitan dokumen kependudukan diwilayah domisilinya.

Informasi BKKBC Kota Yogyakarta, Komplek Balaikota, Telepon (0274) 563925, 557062

abi is agusbudi | Tanya Komputer