Detail Berita
TERJADI KEBAKARAN HUBUNGI 7474704 ATAU 113
03-11-2008

TERJADI KEBAKARAN HUBUNGI 7474704 ATAU 113

 

Selama tahun 2008 dari bulan Januari s/d Agustus di wilayah DIY terjadi 80 (delapan puluh ) kali kebakaran baik  skala besar maupun kecil. 40 (empat puluh ) diantaranya terjadi di kota selebihnya terjadi di wilayah Sleman dan Bantul. Salah satu penyebabnya adalah human error, seperti karena aliran listrik, pembakaran sampah dan kompor. Hal ini didukung pula kondisi alam yakni musim kemarau yang notabene angin bertiup kencang sehingga dapat menjadi pemicu terjadinya kebakaran, demikian dikatakan Kepala Kantor Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Kebakaran (PMPK) Kota Jogja, Drs. Sudarsono, MM belum lama ini.

Dikatakan bahwa bahaya kebakaran dapat dicegah dan Darsono mencontohkan, pencegahan dapat dimulai dengan mengganti kabel listrik yang telah rusak atau usang dan ditata rapi, sehingga dapat meminimalisir adanya konsleting atau hubungan arus pendek, mematikan alat elektronika, serta tidak membuang puntung rokok dalam keadaan masih hidup.

Sebagai upaya pencegahan, pihak Kantor PMPK Kota Jogja melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya kebakaran dan cara pencegahannya. Memfungsikan drainase yang telah terpasang, fasilitasi alat penanggulangan kebakaran APAR (Alat Penanggulangan Api Ringan), serta pelatihan teknis penanggulangan kebakaran mulai dari yang bersifat sederhana sampai pada jenis modern. Selain itu Pemerintah Kota Yogyakarta juga telah membuat penyediaan tandon air sebanyak 11 (sebelas) titik. ”Air tandon yang kita siapkan merupakan air bersih, apabila kita mengambil langung dari sungai akan merepotkan peralatan baik di pompa hisap , saluran hisap maupu perawatan lainnya” katanya.

 Ditambahkan Darsono, setelah pihaknya melakukan pencermatan, ada beberapa daerah rawan bencana kebakaran dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi, diantaranya Kec. Jetis daerah Ledok Jogoyudan, Kec. Danurejan daerah Ledok Tukangan, Kec. Gondomanan di Kelurahan Prawirodirjan, Kec. Gedongtengen di daerah Notoyudan, Kec. Gondokusuman daerah Sagan Terban, Kec. Kotagede di Kelurahan Purbayan serta daerah-daerah padat penduduk lainnya yang terletak di bantaran sungai.

Darsono berharap, pihaknya berupaya melayani masyarakat secara optimal dalam penanggulangan kebakaran. Oleh karenanya untuk pemberitahun awal masyarakat dapat menghubungi 113 untuk skala nasional atau 7474704 untuk wilayah Kota Jogja.(and)

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer