Detail Berita
“DALANG KARBITAN” MERIAHKAN HUT RI DI PURWOKINANTI
03-11-2008

“DALANG KARBITAN” MERIAHKAN HUT RI

DI PURWOKINANTI

 

Ada yang menarik dalam Pentas Seni di RW IV, V, dan VI Purwokinanti, yakni tampilnya seorang dalang karbitan. Biasanya seorang dalang tampil lengkap dengan surjan dan blankon, kali ini dia tampil hanya dengan batik dan peci saja. Siapa dalang karbitan itu? tidak lain adalah Walikota Yogyakarta, H. Herry Zudianto yang didaulat oleh dalang utama Ki Eko Suryo Maharsono untuk mendalang dalam bagian Limbuk dan Cangik.

“Perkenalkan, saya Ki Dalang Karbitan, tanpa surjan dan blangkon,” kata Herry Zudianto menyebut diri sebagai dalang karbitan langsung disambut tawa penonton yang memadati depan panggung di Jalan Gadjah Mada Purwokinanti. Dalam penampilannya Ki Herry Zudianto cukup luwes memainkan wayang Limbuk dan Cangik menari dan berjoget. Berbagai gurauan dan canda yang dibawakan cukup mengundang tawa penonton apalagi ditimpuki oleh Kwartet Angkringan yang sering tampil di TVRI seperti Yu Beruk, Wisben, Dalijo, dan Kuncung.

Selain bercanda dengan guyonan ringan, hal seriuspun juga disampaikan Ki Herry Zudianto, seperti bagaimana mengisi kemerdekaan pada jaman sekarang ini, penanganan masalah kebersihan, kebersamaan antar warga, persatuan dan kesatuan, sosialisasi bahaya pemanasan global dan penghijauan.

Tidak kalah menarik pula penampilan kwartet Obrolan Angkringan, guyonan segar silih berganti muncul yang mengundang gelak tawa penonton. Selain pentas wayang kulit dengan dalang Ki Eko Suryo Maharsono, Pentas Seni Peringatan HUT ke 63 RI di Purwokinanti dimeriahkan pula dengan berbagai macam kesenian yang semuanya ditampilkan oleh warga setempat.(hg).

abi is agusbudi | Tanya Komputer