Detail Berita
KELURAHAN SOROSUTAN MEMILIKI PUSKESOS
03-11-2008

KELURAHAN SOROSUTAN  MEMILIKI PUSKESOS

 

Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) merupakan wahana dari, oleh dan untuk warga masyarakat dalam menangani masalah kesejahteraan sosial di lingkungannya secara swadaya. Belum lama ini (31/08) bertempat di pendopo kelurahan, Puskesos masyarakat Kelurahan Sorosutan diluncurkan oleh Kasi Bintek Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM) Depsos RI, Latifah Ningrum didampingi Kepala Dinas Sosial DIY dr. Andung Prihadi, MKes, Wakil Ketua TP PKK Kota Hj Tri Kirana, unsur Muspika dan tokoh masyarakat setempat.

Menurut Lurah Sorosutan Taokhip SIP, dalam upaya menumbuhkan dan meningkatkan peran masyarakat untuk usaha kesejahteraan sosial, sebagian masyarakat Kelurahan Sorosutan telah akrab dengan kegiatan Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM). Sejumlah WKSBM yang ada dan masih eksis melakukan kegiatannya antara lain WKSBM “Warga Rukun” di RW 08, kemudian RW 12, 06 dan 16. Terakhir kami mencanangkan WKSBM “Rukun Sejahtera” di RW 05 bertepatan malam Tasyakuran Kemerdekaan ke-63 RI pada 16 Agustus 2008 lalu.

Dikatakan oleh Taokhip wahana ini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat dalam menangani permasalahan sosial yang ada, sehingga WKSBM secara bertahap akan mencakup ke 16 RW yang ada. Masih menurutnya, terbentuknya Puskesos berawal dan terinspirasi oleh semangat masyarakat Sorosutan menangani masalah kesejahteraan sosial yang berkiprah melalui wadah WKSBM ini. Harapan kami Puskesos ini menjadi penyemangat seluruh elemen masyarakat sorosutan untuk peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat lingkungannya.

Ketua Puskesos Kel. Sorosutan Sofyan SIP mengatakan, selama ini sudah menangani berbagai macam permasalahan sosial. Seperti lansia keluarga tidak mampu, anak-anak putus sekolah, penyalahguaan napza, penyandang cacat, anak jalanan, rumah tidak layak huni dan lain-lain. Penanganannya seperti melalui ketrampilan bengkel motor dan elektronik, pemberdayaan lansia agar bisa madiri seperti kegiatan yandu lansia, masa memasak dan sebagainya.

abi is agusbudi | Tanya Komputer