Detail Berita
JOGJA MILIKI POTENSI KOTA WISATA KULINER
26-09-2008

 

JOGJA MILIKI POTENSI KOTA WISATA KULINER

 

 

Yogyakarta memiliki potensi yang luar biasa  untuk dijadikan sebagai kota kuliner. Asalkan dikemas dengan baik  akan menjadi daya tarik wisata kuliner yang menjanjikan. Hal ini diungkapkan  pakar kuliner Bondan “Mak Nyus” Winarno pada  acara lomba masakan tradisional  dalam Jogja Kuliner  Expo 2008. Lomba diikuti sekitar 80 peserta dan  dibuka Wakil Walikota H. Haryadi Suyuti di Benteng Vredeburg Yogyakarta, belum lama (24/08). Tampak hadir Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dan tamu undangan dari PHRI dan pemerhati kuliner yang ada di Jogja.

Bondan mengatakan kuliner merupakan bagian dari pusaka budaya, oleh karenanya kuliner tidak boleh dilecehkan lagi. “Kuliner merupakan kekuatan ekonomi rakyat karena usaha kecil menengah kebanyakan berasal dari sektor makanan. Bohong besar kalau mengatakan ekonomi pro rakyat tapi tidak berpihak pada kuliner” ujar Bondan.

Bondan juga mengatakan  untuk mengenalkan kuliner yang ada di Yogyakarta jangan cuma memberikan daftar menu saja tetapi juga harus memberikan cerita-cerita seputar makanan itu. Bondan mencontohkan makanan Jadah Manten merupakan mutiara yang terpendam dan apabila dikembangkan dalam kemasan yang lebih menarik akan menjadi salah satu daya tarik kuliner yang luar biasa.

Sementara itu, Wakil Walikota Yogyakarta, H. Haryadi Suyuti mengatakan  keberadaan wisata kuliner akan mendukung sektor pariwisata dan hal ini akan berdampak pada tambahnya  length of stay kunjungan wisatawan ke Yogyakarta. Wawali berkeyakinan wisata kuliner akan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Yogyakarta. Namun dirinya juga berharap agar makanan tradisional juga dapat dikemas secara baik dan lebih berkualitas lagi.

            Selain Bondan Winarno, juri pada lomba dan festival makanan tradisional  diambilkan dari Indonesian Chef Association (ICA). Jogja  Kuliner Expo 2008 mendapat perhatian luar biasa dari warga Yogyakarta dan sekitarnya.(@mix)

 


abi is agusbudi | Tanya Komputer