Detail Berita
PEMUDA PELOPOR KOTA JOGJA MAJU KE TINGKAT PROVINSI
23-09-2008

PEMUDA PELOPOR KOTA JOGJA
MAJU KE TINGKAT PROVINSI

            Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Kantor Kesatuan Bangsa, Pemuda dan Olahraga (Kesbangpor) belum lama ini melakukan Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2008. Dijelaskan Kepala Kantor Kesbangpor, Drs. Agus Purwanto, pemuda pelopor adalah pemuda/pemudi berusia 17 hingga 35 tahun yang memiliki akumulasi semangat, sikap dan kesukarelawan dalam mengubah gagasan menjadi karya nyata. Dan hal itu dilaksanakan secara konsisten, bermanfaat dan diakui oleh masyarakat serta mampu memberi nilai tambah bagi suatu kehidupan.

Sementara itu Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda, Wiyoto, BA menambahkan pemilihan pemuda pelopor dilaksanakan berjenjang hingga ke tingkat nasional. Tujuannya untuk memacu peningkatan prestasi bagi para pemuda pelopor terpilih serta mendorong memotivasi munculnya pemuda pelopor lain diberbagai bidang kehidupan. Lebih lanjut dijelaskan,  setelah dilakukan penilaian dan peninjauan lapangan terpilih 3 Pemuda Pelopor yang berhak mewakili kota untuk maju ke tingkat propinsi. Masing-masing adalah Martanti Endah Lestari (bidang pendidikan), Jecki Putra Kadarisman (bidang kewirausahaan) dan Eka Candra Maulida (bidang seni, budaya dan pariwisata).

            Tim Juri Pemuda Pelopor Tahun 2008 terdiri dari berbagai unsur yakni Drs. Achmad Charris Zubair (budayawan), Drs. H. Bistus Iswantu, MM (pendidik), Drs. Arwan Tuty Artha (pers), H. Emir Nuswantoro, S.S (kepemudaan) dan dari Kantor Kesbangpor. Berikut gamabaran singkat prestasi pemuda pelopor wakil dari Kota Yogyakarta:

Martanti  Endah Lestari, Ratmakan GM.I/646 Kel. Ngupasan, Kec. Gondomanan, Yk. Saat ini menjabat sebagai Ketua Karang Taruna Kelurahan Ngupasan, tahun 2007 terpilih sebagai Karang Taruna Terbaik Tingkat Nasional dan melalui LSM SOS Desa Taruna Siaga aktif membina pendidikan bagi anak-anak khususnya dari keluarga miskin.

            Jecki Putra Kadarisman, Cokrodirjan DN. I/603 Kel. Suryatmajan, Kec. Danurejan, Yk. Dia nekad menjual motor miliknya seharga Rp. 8 juta sebagai modal berjualan di Malioboro. Saat ini dapat memberi peluang kerja bagi para pemuda di wilayahnya dengan membuka distro “Most Wanted”

            Eka Chandra Maulida, Tukangan DN. III/653 Kel. Tegalpanggung, Kecl Danurejan, Yk. Melalui komunitas seni dan teater “La Giente’s” mampu menggugah dan mengajak para pemuda/pemudi di wilayahnya untuk berani berkreasi seni mulai dari tingkat RW hingga tingkat Nasional.(Ttk)

           

abi is agusbudi | Tanya Komputer