Detail Berita
MASYARAKAT KOTA YOGYAKARTA RAIH TIGA PENGHARGAAN NASIONAL
23-09-2008

MASYARAKAT KOTA YOGYAKARTA
RAIH TIGA PENGHARGAAN NASIONAL 
        

Warga masyarakat Kota Yogyakarta patut bersyukur dan bahagia, pasalnya pada bulan Juli 2008 tiga penghargaan nasional telah diraih oleh Kota Yogyakarta. Ketiga penghargaan nasional yang diterima langsung oleh Walikota Yogyakarta Herry Zudianto itu antara lain Anugerah Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) 2008, Kota Langit Biru Terbaik 2008 dan penghargaan dari Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) Award 2008.

        Anugerah FASI 2008 diserahkan langsung oleh Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla dan diterima Walikota Yogyakarta H.Herry Zudianto atas komitmen dan sumbangsihnya mendukung gerakan pembinaan dan pengembangan TK Al-Qur’an / TP Al Qur’an di wilayah Kota Yogyakarta. Penyerahan Anugerah tersebut dalam acara Pembukaan Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) VII Tingkat Nasional yang berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, beberapa waktu lalu (4/7). FASI merupakan ajang seleksi prestasi santri cilik tingkat TK Al-Qur’an, Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) dan Talimul Qur’an Lil Aulad (TQA). FASI diselenggarakan sebagai ajang silaturahmi anak-anak muslim Indonesia yang didesain dalam bentuk aneka lomba ketrampilan yang bernuansa islami, diikuti oleh anak-anak berprestasi terdiri dari kelompok santri TK Al-Qur’an, TPA dan TQA. FASI VII diikuti oleh 1521 peserta dari 25 propinsi se Indonesia berlangsung dari tanggal 3 – 7 Juli 2008. Kontingen Propinsi DIY mengirimkan 62 santri cilik, separuh diantaranya berasal dari Kota Yogyakarta.

        Sementara itu Kota Yogyakarta terpilih sebagai “Kota Langit Biru Terbaik 2008” oleh Kementerian Lingkungan Hidup RI. Penghargaan diserahkan langsung Menteri Negara Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar kepada Walikota Yogyakarta H. Herry Zudianto di Jakarta, Jumat siang (11/07). Penyerahan penghargaan dilakukan di Jakarta Convention Centre (JCC) bersamaan pembukaan The 16th Indonesia International Motor Show.

        Program Langit Biru merupakan program pengendalian pencemaran udara yang bertujuan terciptanya mekanisme kerja dalam pengendalian pencemaran udara yang berdaya guna dan berhasil guna; terkendalinya pencemaran udara; tercapainya kualitas udara ambient yang diperlukan untuk kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya; dan terwujudnya perilaku manusia sadar lingkungan. Setiap tahun, Kementerian Lingkungan Hidup RI selalu memberi penghargaan pada kota-kota yang berhasil dalam mengembalikan kualitas udara wilayahnya.

        Kemudian atas prestasinya sebagai praktisi yang berjasa dalam melakukan inovasi dan mengembangkan ilmu pemerintahan, Pengurus Pusat Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) memberikan MIPI Award kepada Walikota Yogyakarta untuk kategori Praktisi Pemerintahan. MIPI Award 2008 diberikan kepada pakar, praktisi dan pemerhati yang berjasa mengembangkan ilmu dan praktek pemerintahan di Indonesia. Penganugerahan MIPI Award diserahkan oleh Ketua Umum Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) Fauzi Bowo yang saat ini menjabat Gubernur DKI Jakarta di Mezzanine Ballroom Hotel Aryaduta Jakarta, Sabtu (26/07). Fauzi Bowo menilai, Walikota Yogyakarta banyak melakukan program kebijakan best practice, "Saya belajar banyak dari Pak Herry, bahkan mengirim jajaran saya untuk belajar ke Kota Yogyakarta," ujarnya.
        Pada kesempatan itu Walikota Yogyakarta menyampaikan karyanya berupa buku " Kekuasaan Sebagai Wakaf Politik" kepada Fauzi Bowo. Dimintai komentarnya seusai acara, Pak Herry mengatakan, "Ini merupakan kehormatan bagi seluruh masyarakat Kota Yogyakarta, karena apapun prestasi saya adalah bagian dari prestasi seluruh masyarakat Kota Yogyakarta. Harapan saya mudah-mudahan akan semakin mendorong saya secara pribadi dan seluruh jajaran Pemerintah Kota Yogyakarta serta masyarakat untuk bersama-sama saling partisipasi membangun Kota Yogyakarta dari berbagai aspek.

 



 

abi is agusbudi | Tanya Komputer