Detail Berita
PEMKOT SERIUS LAKUKAN PEMBANGUNAN BIDANG KEAGAMAAN
23-09-2008

PEMKOT SERIUS LAKUKAN PEMBANGUNAN

BIDANG KEAGAMAAN

 

 

Pembangunan tidak selalu hanya bersifat fisik saja tapi pembangunan non fisik pun tidak kalah pentingnya untuk ditingkatkan. Pembangunan bidang keagamaan tak luput dari perhatian serius Pemerintah Kota Yogyakarta. Dalam waktu dekat Pemkot akan menyerahkan bantuan dana untuk rumah ibadah yang memang perlu pembenahan. Sebesar 850 juta dikucurkan bagi bantuan fasilitas keagamaan di wilayah Kota Yogyakarta. Dana sebesar itu akan diberikan  untuk memperbaiki 28 masjid, 9 musholla, 19 TPA/MDA, 5 Pondok Pesantren, dan 2 gereja serta 1 vihara yang rusak akibat gempa.

Menurut Kepala Kandep Agama Kota Yogyakarta, H. Nurudin, SH MA, bantuan ini akan diterimakan akhir bulan Agustus 2008 ini. Ia berharap dengan adanya bantuan rumah ibadah ini akan dapat meningkatkan kegiatan ibadah guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. “Kami berharap bantuan untuk fasilitas keagamaan yang akan disalurkan ini benar-benar dapat dilaksanakan bagi kepentingan rumah ibadah itu sendiri. Artinya, manfaatkan dana bantuan itu sebaik-baiknya untuk pemulihan kondisi pasca gempa dan kepentingan masyarakat banyak,” kata Nurudin.

Selain itu sebanyak 348 TKA-TPA di 14 rayon se-Kota Yogyakarta juga akan menerima bantuan sebesar 348 juta rupiah, atau masing-masing akan menerima 1 juta rupiah pada bulan Agustus ini. Bantuan ini diharapkan dapat membantu mengatasi kendala sarana dan prasarana pada TKA-TPA. Sedangkan bagi ustadz/ustadzah pada TKA-TPA tersebut juga diberikan dana bantuan sebesar Rp. 391.200.000. Saat ini di Kota Yogyakarta tercatat ada 2.608 ustadz/ustadzah yang akan menerima bantuan masing-masing sebesar 150 ribu rupiah.

Kepedulian Pemerintah Kota Yogyakarta dalam gerakan pembinaan dan pengembangan TK Al-Qur'an atau TP Al-Qur'an memang diakui secara nasional, bahkan telah membuahkan penghargaan. Beberapa waktu lalu Walikota Yogyakarta, H. Herry Zudianto menerima anugerah atas jasa atau sumbangsihnya dalam mendukung gerakan pembinaan dan pengembangan TK Al-Qur'an atau TP Al-Qur'an pada Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) VII Tingkat Nasional 2008 yang berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta. 

              

abi is agusbudi | Tanya Komputer