Detail Berita
UNTUK PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PEMKOT SEDIAKAN DANA 285 JUTA
20-09-2008

UNTUK PEMBERDAYAAN  PEREMPUAN

PEMKOT SEDIAKAN DANA 285 JUTA

 

 

            Guna mewujudkan visi pembangunan pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Bagian Kesejahteraan Masyarakat dan Pengarusutamaan Gender (Kesmas PUG) menyediakan anggaran 285 juta rupiah untuk lembaga/organisasi masyarakat yang melakukan kegiatan pemberdayaan perempuan dan pengarusutamaan gender. Dana ini merupakan bantuan stimulan yang terdiri 160 juta untuk lembaga/organisasi yang bergerak dalam pemberdayaan perempuan dan anak, serta 125 juta untuk lembaga/organisasi yang bergerak dibidang pengarusutamaan gender.

            Menurut Dra Sri Adiyanti, Kabag Kesmas PUG, bantuan tersebut targetnya adalah 40 kelompok/lembaga/organisasi yang ada di wilayah kota. Pemberian bantuan berdasarkan proposal yang diajukan kelompok/organisasi, kemudian dilakukan penilaian, survey dan verifikasi untuk menentukan kelayakannya. Lebih lanjut dijelaskan, layak tidaknya proposal kegiatan itu apabila dapat memperbaiki kondisi posisi perempuan dan anak, termasuk mampu meningkatkan pemberdayaan perempuan, kesejahteraan dan perlindungan anak. Besaran bantuan disesuaikan dengan hasil penilaian. “Kami sudah memberikan bantuan dana stimulan untuk kegiatan-kegiatan dalam rangka hari besar yang berkaitan dengan perempuan dan anak serta kegiatan diskusi dan sosialisasi terkait kesetaraan dan keadilan gender,”  ujarnya.

            Bantuan pengarusutamaan gender direncanakan juga bagi program-program aksi seperti : advokasi antisipasi trafficking, pembuatan media informasi, sosialisasi di sekolah tentang hak anak, dan penyadaran kesetaraan keadilan gender. Sedangkan agenda pengarusutamaan gender saat ini antara lain : pendidikan politik, ekonomi dan ketenagakerjaan, hukum dan perlindungan dan advokasi kebijakan serta kesehatan.

abi is agusbudi | Tanya Komputer