Detail Berita
Wakil Walikota Resmikan Proyek Fisik
19-10-2007

Rangkaian peringatan HUT ke-60 Pemkot Yogyakarta diawali dengan peresmian beberapa kegiatan fisik oleh Wakil Walikota Haryadi Suyuti. Kegiatan tersebut antara lain Program NUSSP (Neighbourhood Upgrading And Shelter Sector Project) dan pemasangan lampu jalan di Kelurahan Bener, Peresmian Laboratorium Fisika dan Kimia di SMKN 2 serta Peresmian Puskesmas Danurejan 2. Dalam acara tersebut Wakil Walikota beserta rombongan terdiri Ketua DPRD Kota Yogyakarta, Muspida Kota Yogyakarta, Kepala Instansi di Lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta.

Di Kelurahan Bener RT 01 RW 01, Wakil Walikota secara simbolis meresmikan kegiatan NUSSP mewakili 29 kelurahan dan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) mewakili 15 kelurahan / lokasi sasaran.  Pemasangan lampu PJU lingkungan bantaran sungai didanai dengan APBD Kota Yogyakarta sebesar Rp 557.900.000,- dialokasikan tersebar di 15 kelurahan dengan jumlah titik lampu 500 unit. Di kelurahan Bener dipasang 35 titik 1 Kwh meter di tepi sungai Widuri tersebar di 6 RW. Kegiatan NUSSP ini diwujudkan dalam bentuk pekerjaan jalan setapak dan jalan lingkungan dengan konblokisasi, MCK dan air bersih. Kegiatan yang dialokasikan anggaran tahun 2006 bernilai total Rp.12,6 miliar untuk 29 kelurahan se-Kota Yogyakarta yang terdiri dari 90% ADB dan 10% APBD Kota Yogyakarta. Sedang untuk kegiatan NUSSP di Kelurahan Bener dianggarkan sebesar Rp. 275.550.000,- dengan waktu pelaksanaan 60 hari sejak 12 Oktober sampai 11 Desember 2006 lalu.

Kelik Raharjo Ketua RW 1 Bener mewakili warga mengatakan, "merasa senang dengan dipasangnya lampu PJU, ketika malam hari lingkungan kami menjadi terang. Sebelumnya PJU dilakukan dengan swadaya warga seadanya sehingga tidak begitu terang". Program NUSSP merupakan suatu paket program pemberdayaan masyarakat di kawasan kumuh perkotaan, bertujuan meningkatkan kualitas lingkungan permukiman dan perumahan bagi komunitas berpenghasilan rendah melalui pembangunan prasarana dan sarana dasar permukiman, untuk meningkatkan kemampuan masyarakat melalui pelatihan-pelatihan dan pendampingan.

Di SMKN 2 rombongan Wakil Walikota diterima oleh Kepala Sekolah Drs HM Zuhdi dan meresmikan penggunaan laboratorium fisika dan kimia dengan luas 60 meter persegi, yang pembangunannya dibiayai APBD Kota Yogyakarta. Laboratorium ini merupakan sarana untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK. Usai dari SMKN 2 rombongan Wakil Walikota Yogyakarta melanjutkan perjalanan untuk meresmikan Puskesmas Danurejan 2. Menurut Kepala Badan Pengelolaan Barang Daerah Kota Yogyakarta, Ir. Daryanto, rehab total Puskesmas Danurejan 2 ini menelan biaya sebesar Rp. 1.893.290.400,-, sumber dana berasal dari dana alokasi khusus kesehatan Rp.630 juta dan APBD Kota Yogyakarta Rp. 1.263.290.400,-. Bangunan Puskesmas Danurejan 2 berdiri diatas tanah magersari Kraton Yogyakarta seluas 1082 meter persegi dengan luas bangunan lantai 1 475 meter persegi dan lantai 2.325 meter persegi. Puskesmas ini telah memisahkan pasien infeksi dan pasien non infeksi, yang akan menjadi percontohan untuk puskesmas lain. Wakil Walikota Yogyakarta berharap dengan dibangunkan beberapa fasilitas ini dibutuhkan partisipasi masyarakat untuk ikut memelihara dan merawat sehingga benar-benar bisa dimanfaatkan secara luas.

abi is agusbudi | Tanya Komputer