Detail Berita
KELURAHAN TERBAN MAJU KE TINGKAT NASIOAL LOMBA DESA DAN KELURAHAN
08-09-2008

KELURAHAN TERBAN MAJU KE TINGKAT NASIOAL

LOMBA DESA DAN KELURAHAN

 

Kelurahan Terban Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta maju ke tingkat nasional dalam Perlombaan Desa dan Kelurahan. Hal ini ditentukan setelah dilakukan kroscek administrasi dan observasi lapangan oleh tim penilai dari pusat. Demikian dikatakan Ida Aryani, SE. Msi Tim Penilai dari pusat yang didampingi Tim Penilai Propinsi DIY bertempat di Kelurahan Terban belum lama ini (24/07).

Dijelaskan oleh Ida, selain mendengarkan paparan tentang potensi Kelurahan Terban, kami juga meninjau langsung dan dialog dengan pengurus kelurahan. ”Kami melakukan klarifikasi dan observasi dari hasil penilaian terhadap kelurahan ini yang telah dilakukan oleh Tim Penilai Propinsi DIY beberapa hari lalu. Kedatangan kami untuk melihat kesesuaian antara apa yang dilaporkan dengan kondisi lapangan. Hasil penilaian administrasi secara teknis yang dihimpun melalui daftar pertanyaan dan dipadukan dengan hasil klarifikasi observasi lapangan akan menghasilkan nilai serta peringkat,” katanya.

            Sementara itu Lurah Terban Budi Santoso, SSTP mengatakan, pihaknya siap untuk dinilai tingkat nasional, sebab banyak unggulan yang telah dimiliki Kelurahan Terban. Diantaranya pengelolaan sampah, kelompok PAUD tersebar di 12 RW, serta unggulan lain yang langsung memberdayakan masyarakat. ”Selain pengelolaan sampah dan kelompok PAUD yang baru-baru ini menggelar olimpiade, di wilayah kami juga memiliki kelompok kesenian. Dan yang penting adalah  keterlibatan masyarakat menjadi modal utama memajukan kelurahan ini,” tuturnya.

            Pada kesempatan itu Asisten Administrasi Kota Yogyakarta Drs. Hardono, dalam sambutan selamat datang mengatakan, pemerintah harus bisa menempatkan pelayanan sebagai ujung tombak bagi kinerjanya. Hal itu menuntut organisasi pemerintah harus mampu memenuhi harapan masyarakat sebagai pengguna layanan pemerintah. Demikian pula dengan kelurahan sebagai unit pelayanan terdepan, dituntut untuk meningkatkan kinerja dan pelayanannya dalam upaya pemberdayaan dan transformasi sosial mewujudkan tatanan masyarakat yang adil dan sejahtera.

Lebih lanjut Hardono berharap, perlombaan desa dan kelurahan ini hendaknya dijadikan momentum untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan pemerintah ditingkat bawah. ”Hasil, saran, masukan bagi perkembangan kelurahan kami tunggu, karena kami berprinsip tidak akan puas dengan apa yang kami laksanakan. Kami terus berjuang dan berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat” tambah Hardono. 

abi is agusbudi | Tanya Komputer