Detail Berita
684 PEDAGANG BERINGHARJO MENEMPATI KEMBALI LAPAK LANTAI III
08-09-2008

684 PEDAGANG BERINGHARJO

MENEMPATI KEMBALI LAPAK LANTAI III

 

Gempa bumi yang terjadi dua tahun lalu membuat pedagang Pasar Beringharjo lantai III harus pindah karena direnovasi. Setelah diperbaiki, kini lantai III pasar Beringharjo siap untuk dipergunakan kembali. Sejumlah 684 pedagang menyatakan siap menempati lapak yang telah disediakan. Menempati kembali lapak di lantai III ditandai dengan tasyukuran, yang dihadiri Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Haryadi Suyuti berlangsung beberapa waktu lalu (19/07).

Dikatakan Haryadi, ”pasare anyar rejekine lancar juga harus mayar dalam segala hal”. Menurutnya pasar tradisional mempunyai pangsa pasar yang jelas, meskipun pertumbuhan ekonomi cukup pesat ditandai berdirinya super market, ternyata pasar masih menjadi tujuan utama masyarakat untuk bertransaksi disamping juga sebagai tempat tujuan wisata. Untuk mendukung wisata, Haryadi mengajak hendaknya para pedagang menjaga kebersihan untuk kenyamanan pengunjung dan pelangganan. Sebab orang ke pasar tidak hanya bertransaksi tetapi juga berwisata, tambah Haryadi.

            Lebih lanjut Haryadi berharap, dengan dikembalikannya para pedagang ke tempat semula ini hendaknya pasar tradisional yang masih ada pasar tumpahnya (pedagang di luar area pasar), segera ditertibkan. Wawali mencontohkan, disebelah belakang pasar Kranggan masih ada pasar yang kumuh. ”Bagian belakang pasar Kranggan masih tumpah, semrawut, kotor.Dengan adanya boyongan saat ini, pasar-pasar tumpah lainnya bisa menyusul untuk ditertibkan,” katanya.

Terpisah Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Drs. H. Ahmad Fadli menyatakan, dengan pindahnya para pedagang tersebut, diharapkan menempati tempat semula agar para pelanggan kembali lokasi pedagang langganannya. Fadli juga berharap agar lantai III pasar Beringharjo ini segera pulih seperti sedia kala, artinya pengunjung ramai kembali. Selain itu Fadli berjanji akan menata para pedagang agar lebih baik dan menarik. Untuk pasar tradisional yang ada pasar tumpahnya akan segera ditertibkan dan insya allah tahun ini bisa selesai, katanya.

abi is agusbudi | Tanya Komputer