Detail Berita
TETAP BERSEKOLAH DENGAN JAMINAN PENDIDIKAN DAERAH
29-07-2008

TETAP BERSEKOLAH DENGAN JAMINAN PENDIDIKAN DAERAH

PEMKOT KUCURKAN 15 MILYAR

Jangan ada penduduk kota Yogyakarta yang tidak bersekolah dengan alasan biaya, kita tuntaskan wajib belajar 12 tahun

Saat ini pendidikan merupakan sebuah kebutuhan, karenanya Pemerintah Kota Yogyakarta bertekad tidak ada satupun warga kota yang tidak dapat merasakan nikmatnya bersekolah karena alasan biaya. Jaminan Pendidikan Daerah (JPD) merupakan salah satu program pemkot untuk memberikan bantuan biaya pendidikan bagi keluarga menuju sejahtera berupa beasiswa reguler, registrasi, herregistrasi, bantuan biaya praktek, bantuan seragam sekolah dan pakaian olahraga serta beasiswa prestasi akademik.

JPD diberikan kepada peserta didik (anak sekolah) penduduk Kota Yogyakarta yang bersekolah di Kota Yogyakarta atau luar Kota Yogyakarta dalam Propinsi DIY dari anggota keluarga menuju sejahtera terdaftar dalam Kartu Menuju Sejahtera (KMS) yang dimiliki orang tuanya. JPD tetap akan diberikan apabila orangtuanya belum memiliki KMS tapi berhak mendapatkan layanan pendidikan sesuai hasil updating data dari instansi terkait (BPS, Dinas Kesejahteraan Sosial, dll). Selain itu JPD diberikan juga kepada peserta didik penghuni Panti Asuhan di Kota Yogyakarta yang bersekolah di Kota Yogyakarta atau diluar Kota Yogyakarta masih dalam Propinsi DIY.

Pada tahun anggaran 2008 Pemkot menyediakan dana Jaminan Pendidikan Daerah sebesar Rp. 15,857,700,000,- (lima belas milyar delapan ratus lima puluh tujuh juta tujuh ratus ribu rupiah). Alokasi penyaluran bantuan diberikan untuk siswa TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK. Jenis bantuan yang diberikan diantaranya beasiswa regular, beasiswa registrasi, beasiswa herregistrasi, bantuan seragam sekolah (OSIS dan Olahraga), dan bantuan biaya praktek untuk SMK. Selain itu diberikan juga bantuan tunggakan biaya sekolah dan bantuan siswa berprestasi bagi siswa non KMS. Khusus untuk siswa SMK ada kenaikan besaran bantuan yang diberikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Cara mendapatkan JPD sangat mudah, bila sudah memenuhi ketentuan diatas, dapat mengajukan persyaratan antara lain : KMS, Kartu Keluarga/C1, Akta Kelahiran peserta didik untuk anak kandung atau Akta Pengangkatan Anak peserta didik untuk anak angkat atau Akta Kelahiran peserta didik dan Akta Perkawinan/Surat Nikah orang tua untuk anak tiri, serta surat keterangan bahwa peserta didik sudah diterima atau sedang bersekolah di Kota Yogyakarta atau luar Kota Yogyakarta dalam Propinsi DIY. Persyaratan tersebut dibuat rangkap 2 (dua) dan dilegalisir Lurah setempat. Khusus untuk Kartu Keluarga dilegalisir oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana dan Catatan Sipil (BKKBC) Kota Yogyakarta, Komplek Balaikota.

Setelah itu persyaratan tersebut diantar langsung ke UPT – PJPD (Pengelola Jaminan Pendidikan Daerah) Dinas Pendidikan Kota di Jalan Hayam Wuruk No.11, Yogyakarta. Apabila belum jelas dapat datang langsung atau menghubungi Kantor UPT - PJPD Jl. Hayam Wuruk Nomor 11, telepon (0274) 512956, 544521, 0817269996, atau melalui email di pendidikan@jogja.go.id. (ism)
 

abi is agusbudi | Tanya Komputer