Detail Berita
PELEPASAN DAN PERKENALAN PENGURUS LPMK SE KOTA
29-07-2008

PELEPASAN DAN PERKENALAN PENGURUS LPMK

SE KOTA

 

Segenap pengurus lama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) periode 2002 - 2008 dan  pengurus baru LPMK 2008 - 2013 mengikuti pelepasan dan perkenalan dengan Walikota Yogyakarta. Acara lepas kenal diselenggarakan di Gedung Ganesha APMD Jl. Timoho, belum lama ini (30/4). Hadir dalam acara itu Walikota Yogyakarta H. Herry Zudianto beserta jajarannya, Ketua DPRD Kota Arief Noor Hartanto, SIP. unsur Poltabes, Kodim, dan para pengurus LPMK 2002 - 2008 dan pengurus LPMK periode 2008 - 2013.

Dalam sambutannya, H. Herry Zudianto mengatakan atas nama pribadi, pemerintah dan seluruh masyarakat Kota Yogyakarta menyampaikan terimakasih atas dedikasi yang tinggi kepada segenap pengurus LPMK 2002 -2008. Walikota juga mengapresiasi bahwa kepengurusan LPMK 2002 - 2008 telah bekerja dengan benar dan menilai para pengurus LPMK bekerja dengan semboyan sepi ing pamrih rame ing gawe, tidak ada pamrih namun giat dalam bekerja. “Mudah-mudahan saya selaku kepala pelayan masyarakat dapat mengikuti jejak Pengurus LPMK,  juga mohon maaf kalau dalam kebijakan ada kesalahan”, kata Herry Zudianto.

Dalam kesempatan itu Walikota juga mengingatkan masalah ketahanan bangsa dalam menghadapi tantangan global. Dijelaskan bahwa modal ketahanan nasional yang efektif adalah kelompok terkecil dari komunitas bangsa yakni kewilayahan. ”Kita harus yakin bahwa ketahanan nasional melalui unit terkecil dari kelompok bangsa yakni kewilayahan itulah sebagai modal dasar ketahanan negara. Untuk menciptakan ketahanan nasional LPMK harus terus bermitra dengan pemerintah dan kelompok yang lain. Kepada kelompok lain janganlah menjadi curiga dan terpecah dan saling suudon”, kata Walikota. Walikota juga mengajak, dalam menghadapi pemilu 2009 nanti, masyarakat tidak menjadi terpecah karena perbedaan aspirasi politik.

“Aspirasi politik yang berbeda, janganlah membuat masyarakat Yogyakarta terpecah belah, yang kita tahu bahwa kita adalah wong Jogja, kita satu, orang Jogja yang akan membangun Kota Yogyakarta, jangan sampai terjadi perpecahan yang akan menghambat pembangunan”, pinta Herry berapi-api.

 “Kalau Jogja mau tetap disebut istimewa dan diacungi jempol oleh seluruh bangsa ini, maka Jogja harus istimewa dalam mengelola lingkungan hidup ini, keistimewaan Jogja harus kita perluas maknanya, termasuk dalam pengelolaan lingkungan”, ujar Herry mantap.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Kota Yogyakarta, Arief Noor Hartanto, SIP mengatakan dengan adanya dua lembaga pemberdayaan masyarakat yakni LPMK dan PNPM diharapkan tetap dapat terjadi kerjasama sehingga pemberdayaan masyarakat dapat dilaksanakan  jauh lebih baik lagi. “Mudah-mudahan kedepan, pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh LPMK itu tidak dioso-oso oleh lembaga yang lain demikian sebaliknya. Justru kalau bisa terjadi kerjasama sehingga pemberdayaan masyarakat dapat dilaksanakan lebih baik lagi”, kata Arief.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Drs. Sudarsono, MM. mengatakan, maksud dilaksanakannya Pelepasan dan Perkenalan Pengurus LPMK dengan Walikota, adalah sebagai perwujudan rasa terimakasih dan apresiasi dari Pemkot atas karya dalam kepengurusan 2002 - 2008, serta sebagai wahana perkenalan dan pemberian motivasi bagi pengurus LPMK se Kota Yogyakarta 2008 - 2013. Tujuan yang ingin dicapai yaitu terjalinnya dan dapat dipertahankannya hubungan yang harmonis antara Pemkot dengan LPMK sebagai mitra kerja pemerintah dalam pembangunan, imbuh Darsono. ( Team )

abi is agusbudi | Tanya Komputer