Detail Berita
FOMI KOTA OPTIMALKAN SENAM AYO BERSATU SERI 2 PADA MASYARAKAT
29-07-2008

FOMI KOTA OPTIMALKAN  SENAM AYO BERSATU SERI 2

PADA MASYARAKAT

 

            Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia (FOMI) Kota Yogyakarta mengadakan pelatihan senam bagi pengurusnya sejumlah 43 orang. Pelatihan yang berlangsung selama dua hari (3-4/05) di Kaliurang ini guna menguasai senam Ayo Bersatu seri 2. Hal ini dimaksudkan agar para pengurus FOMI Kota dapat mengoptimalkan olahraga khususnya senam yang telah memasyarakat untuk berbagai kalangan di wilayah.

            Dalam arahannya Ketua FOMI Kota, Arif Noor Hartanto yang juga Ketua Dewan Kota mengatakan, secara makro kegiatan FOMI ada dalam koridor ketentuan perundang-undangan untuk menghidupkan dan menyemarakan kegiatan olahraga masyarakat non prestasi, sehingga untuk penyusunan program kerja dan tatakala pelaksanaan kegiatan hendaknya dapat dilakukan secara maksimal. ”Pada dasarnya undang-undang yang melindungi FOMI tidak hanya senam saja tetapi seluruh kegiatan yang menggerakan badan. Lebih dari itu kemudian ada unsur psikologis dalam olahraga agar lebih fresh dan lebih bugar, baik rohani dan jasmani, ini juga termasuk kebijakan dalam FOMI”, katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, yang perlu dimaksimalkan adalah pola-pola pembinaan organisasi, diantaranya membangun jejaring atau hubungan dan link dengan koordinator kelurahan yang ada di 45 titik. Hubungan yang baik antara koordinator kelurahan dengan instruktur, agar ada sinergi untuk memberikan pelayanan olahraga khususnya senam yang ada di masyarakat, yang berkaitan dengan agenda FOMI. Ditambahkan oleh Mas Inung - biasa disapa - , kedepan FOMI Kota Yogyakarta tidak hanya terbatas kegiatan senam saja, akan tetapi akan menyasar kepada olahraga yang berkembang dimasyarakat serta yanag dirasa telah merakyat di kalangan warga masyarakat. Dicontohkan, kegiatan yang digemari masyarakat seperti bulutangkis, jalan sehat, gerak jalan, serta olahraga-olahraga tradisional lainnya.

Arif menegaskan, ”yang menjadi tugas kita setelah pelatihan ini, bagaimana kita dapat memberikan contoh kepada warga masyarakat secara langsung tentang manfaat senam itu sendiri serta fungsi senam untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Para instruktur hendaknya memulai atau sebagai cucuking ajurit mempelopori senam diwilayah Kota Yogyakarta yang ada di 45 Kelurahan, paling tidak dilingkungan dimana para instruktur tinggal”. Saya mempunyai keyakinan, dengan seringnya berlatih senam diwilayah masing-masing akan membuat warga kepingin, kemudian mengikuti senam, ya ..... paling tidak ngobahke awak lah. Ini akan membuat lebih sehat dan saya yakin 2010 mendatang Indonesia benar-benar sehat, tandas Arif Noor Hartanto.

Sementara itu, koordinator penyelenggara pelatihan, Siti Rochyati biasa dipanggil mbak Wawik mengatakan, tujuan diadakan pelatihan Senam Ayo Beratu seri 2 agar semua pengurus FOMI dapat memberikan latihan senam kepada warga masyarakat Kota Yogyakarta. Selain itu juga untuk memantapkan tali silahturahmi antar pengurus. ”Saya berharap nantinya para pengurus FOMI bisa nyontoni warga masyarakat yang menginginkan senam tersebut, paling tidak pengurus dapat memberikan atau mengenalkan senam baru di lingkungannya”, katanya.

abi is agusbudi | Tanya Komputer