Detail Berita
LAYANAN PUBLIK : PENYELENGGARAAN REKLAME NON KOMERSIAL
29-07-2008

PENYELENGGARAAN REKLAME NON KOMERSIAL

(PERDA NOMOR 08 TAHUN 1998)

Pasal 2 Ayat 1

Setiap penyelenggaraan reklame dan alat peraga menyerupai reklame yang bertujuan non komersiil di wilayah daerah, harus mendapatkan izin Kepala Daerah.

  1. Setiap penyelenggaraan alat-alat peraga oleh Partai Politik dengan segala bentuknya merupakan alat peraga menyerupai reklame yang bertujuan non komersiil dan harus mendapatkan izin dari Walikota terlebih dahulu.

  1. Mekanisme permohonan izin alat peraga non komersiil adalah :
    1. Mengajukan surat permohonan izin kepada Walikota dengan tembusan Kepala KPPD Kota Yogyakarta paling lambat 1 (satu) minggu sebelum pemasangan.
    2. Surat permohonan diajukan oleh Pengurus Partai Politik tingkat Kota Yogyakarta dengan menyebut : Jenis alat peraga (bendera, umbul-umbul, baliho, spanduk, rontek dsb.); Lokasi pemasangan; Jangka waktu izin.
    3. Jangka waktu izin penyelenggaraan alat peraga non komersiil paling lama 2 (dua) minggu atau 14 (empat belas) hari.
    4. Pemantauan atas penyelenggaraan alat peraga partai politik dilakukan oleh KPPD dan Dinas Ketertiban.
    5. Penyelenggaraan alat peraga yang tidak sesuai dengan Peraturan Daerah tersebut akan dilepas Pemerintah Kota Yogyakarta.

  1. Penyelenggaraan alat peraga non komersiil tidak diperbolehkan dipasang di :
    1. Pojok Beteng Kulon dan Pojok Beteng Wetan.
    2. Nol kilometer (ke timur sampai dengan gunungan running tex, dan ke barat sampai dengan bangunan terakhir Gedung Agung).
    3. Kawasan Tugu.
    4. Ruas Jalan P. Mangkubumi, Jalan Malioboro, Jalan A. Yani, Jalan Trikora, Jalan Suroto, Jalan Jend. Sudirman dan Jalan Urip Sumoharjo.
    5. Tiang bendera, tiang listrik, traffic light, rambu-rambu lalu lintas, pohon dengan cara di paku, jembatan dan jembatan layang.

  1. Penyelenggara alat-alat peraga non komersiil wajib memelihara dan menjaga keberadaan alat peraga dalam keadaan baik agar tidak mengganggu kepentingan masyarakat luas.

abi is agusbudi | Tanya Komputer