Detail Berita
WALIKOTA RESMIKAN HASIL PEMBANGUNAN TA 2007
28-07-2008

WALIKOTA RESMIKAN HASIL PEMBANGUNAN

TA 2007

 

Sebagai rangkaian agenda Hari Jadi Ke 61 Pemerintah Kota Yogyakarta, Walikota H Herry Zudianto belum lama ini (4/6) meresmikan sejumlah hasil kegiatan yang dilaksanakan pada anggaran 2007. Secara keseluruhan ada 693 paket pekerjaan dari 103 kegiatan. Peresmian dilakukan di enam lokasi dengan penandatanganan prasasti, antara lain pada 8 hasil pembangunan yakni Sanitasi berbasis masyarakat di Cokrodiningratan, Pembuatan Talud di Pringgokusuman, Pengembangan Sarpras Air Bersih Non Perpipaan, Jalan Conblok dan MCK (NUSSP) dan pemasangan lampu PJU di Wirobrajan., Penyempurnaan SD Minggiran, Pengadaan Ruang Terbuka Publik di Kelurahan Muja Muju dan Rehabilitasi Puskesmas Kotagede I. Hadir pada kesempatan itu Wawali, H Haryadi Suyuti, Wakil Ketua I DPRD Kota Yogyakarta, Andrie Subiyantoro dan pejabat jajaran pemkot.

Dalam sambutannya Herry mengatakan, bahwa hasil pembangunan ini merupakan bukti komitmen masyarakat secara bersama-sama saiyeg saiko proyo membangun Kota Yogyakarta dengan azas kebersamaan, pemberdayaan dan semangat untuk maju. “Semoga apa yang telah dikerjakan ini bermanfaat bagi kemajuan dan meningkatkan kebersamaan dalam membangun Kota Yogyakarta” kata Herry Zudianto.

Kepala Bagian Pengendalian Pembangunan Setda Kota Yogyakarta, Heri Karyawan menjelaskan, hasil kegiatan yang diresmikan ini merupakan kegiatan fisik yang dibiayai APBD 2007 menghabiskan dana sebesar Rp 129.595.416.029. seluruhnya berjumlah 693 paket pekerjaan, 8 diantaranya diresmikan oleh Bapak Walikota.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hadi Prabowo menjelaskan, sanitasi berbasis lingkungan di Cokrodiningratan dikenal dengan nama Sanimas Ramah Lingkungan dengan pekerjaan utama instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal, pemipaan dan biogas. Bangunan IPAL dan biogas sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebanyak 58  sambungan dari 88 KK atau mencakup 320 jiwa. Untuk biaya perawatan dan tenaga operator setiap pengguna dikenai biaya Rp 10.000/bulan.

Dipihak lain Kepala Dinas Kimpraswil, Eko Suryo Maharsono menjelaskan, untuk Kelurahan Wirobrajan, program NUSSP dilaksanakan pekerjaan Jalan Konblok sepanjang 610 m di 7 RW. Pembangunan SAH 152 m2 di 2 RW, Pembangunan 16 Unit SPAH di  9 RW dan Perbaikan MCK sebanyak 13 unit di 8 RW dengan biaya Rp. 1.109.619.000,-. Sedangkan pembangunan sarana dan prasarana air bersih non perpipaan berupa pemasangan water purifier dan keramikisasi MCK sebanyak 3 unit dengan biaya Rp 87,7 juta. Kegiatan pembangunan penerangan jalan umum telah terpasang 37 unit PJU kampung dengan dana sebesar Rp 86.950.000,- Untuk rehabilitasi total Puskesmas Kotagede I telah selesai dilaksanakan dengan biaya Rp 2,39 M seluas 921,5 m2.

Pada kesempatan lain Kepala Badan Pengelolaan Barang Daerah, Ir. Daryanto selaku penanggung jawab rehabilitasi SDN Minggiran pasca gempa menjelaskan, SDN Minggiran telah berhasil direhab dengan luas bangunan lantai I 175 m2 dan lantai II 153 m2 yang terdiri dari 2 ruang kelas, 1 ruang kepala sekolah, 1 ruang rapat, 1 ruang guru, 2 kamar mandi/WC dan dapur, keseluruhan menghabiskan biaya sebesar Rp 508 juta.

abi is agusbudi | Tanya Komputer