Detail Berita
PENERIMAAN SISWA BARU 2008 DI KOTA
28-07-2008

PENERIMAAN SISWA BARU 2008 DI KOTA

 

            Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di wilayah Kota Yogyakarta digelar awal Juli 2008 ini. PPDB tahun ini masih mendasarkan Keputusan Walikota Yogyakarta Nomor: 236/KEP/2007 mengatur tentang kuota masuk SMP dan SMA negeri. Hal ini dilakukan untuk mendukung pelaksanaan wajib belajar dua belas tahun dan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada penduduk kota agar memperoleh layanan pendidikan sebaik-baiknya.

            Selain itu, PPDB juga berpedoman pada Peraturan Walikota Nomor 22/2008 tentang Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-kanak dan Sekolah di Kota Yogyakarta. Penerimaan siswa baru untuk SMP, SMA dan SMK negeri menggunakan sistem Real Time Online (RTO). “Dengan sistem ini pelaksanaannya dipastikan lebih transparan sehingga masyarakat dapat mengetahui secara langsung prosedur maupun hasilnya, dan hal ini akan menghindarkan penyimpangan-penyimpangan yang mungkin terjadi,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Jogja Drs Syamsuri, MM.

            Pada SMP, SMA dan SMK swasta belum semua dapat menggunakan system RTO ini. Sedangkan pada TK dan SD penerimaan siswa baru dilakukan dengan system manual. Walaupun demikian Syamsuri menjamin tidak akan ada pungutan liar dalam penerimaan siswa baru tingkat SD, SMP, SMA dan SMK di Kota Yogyakarta. Jika ada pembayaran lain bisa dipastikan atas persetujuan orangtua atau wali sehingga sifatnya resmi. “Sekolah tidak akan berani melakukan pungutan tanpa persetujuan orangtua/wali siswa, karena saat ini pengawasan terhadap uang yang masuk dan keluar di sekolah-sekolah sangat ketat” ujarnya.

            Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, bagi calon peserta didik baru yang memiliki prestasi di bidang olahraga, seni/kreativitas dan minat mata pelajaran baik perorangan maupun beregu, akan diberikan penghargaan dalam bentuk penambahan nilai pada jumlah nilai UASBN/UN.

Layanan Informasi PPDB : (0274) 563030

Alamat Web PSB Real Time Online : www.psb-online.or.id

 

Jadwal PSB RTO

 

 

Waktu Pendaftaran

Pengumuman

Daftar Ulang

SMP

7 - 9 Juli 2008

10 Juli, Pk.10.00

10 - 12 Juli 2008

SMA

3 - 5 Juli 2008

 7 Juli,  Pk. 08.30

  7 -   9 Juli 2008

SMK

3, 4, 5 dan 7 Juli 2008

 8 Juli,  Pk. 10.00

  8 - 12 Juli 2008

 

Pengumuman dilakukan terbuka melalui internet, SMS dan papan pengumuman di seluruh SMP/SMA/SMK yang mengikuti PPDB system real time online.

abi is agusbudi | Tanya Komputer