Detail Berita
PEMILIHAN RT DI KAMPUNG SAGAN MIRIP SUASANA PEMILU
28-07-2008

PEMILIHAN RT DI KAMPUNG SAGAN MIRIP SUASANA PEMILU

Akhir-akhir ini di wilayah Kota Yogyakarta sedang ramainya masyarakat mengadakan pemilihan ketua RT masing-masing. Ada satu yang lain dalam pemilihan Ketua RT di salah satu wilayah di kampung Sagan Kelurahan Terban. Pada Minggu (15/6), warga RT 31 RW 17 Kelurahan Terban mengadakan pemilihan Ketua RT yang suasananya dibikin semirip mungkin dengan pemilu.

Menurut salah seorang tokoh masyarakat RT 12 RW 17, Ibnu Garindra, Suasana pemilihan yang mirip pemilu itu merupakan upaya mengembangkan pembelajaran demokrasi dan pemberdayaan di masyarakat sesuai aspirasi, motivasi dan kreasi menuju masyarakat madani. Pemilihan Ketua RT yang lebih kreatif ini juga untuk menumbuhkan semangat gotong royong di wilayah RT 31 RW 17, sekaligus memompa semangat patriotisme berbangsa dan bernegara dijiwai semangat demokrasi sesuai perda Kota Yogyakarta tentang Pemilihan RT/RW.

Dalam penyelenggaraan pemilihan Ketua RT ini kelengkapan memang benar-benar disiapkan oleh panitia. Antara lain seperti Pembentukan Panitia Pemilihan, Tempat Pemungutan Suara (TPS), Kartu Pemilih, Kartu Suara, Bilik Pencoblosan, Kotak Suara, Atribut Gambar Bakal Calon, saksi dan keamanan dari Satlinmas setempat. Jumlah pemilih seluruhnya 69 orang. Terpilih sebagai ketua RT 31 RW 17, Bp Yasin.

Sementara itu, Lurah Terban Budi Santosa, SSTP mengatakan, kegiatan pemilihan Ketua RT kreatif yang jarang ditemui ditempat lain ini sangat positif sebagai satu pembelajaran demokrasi di masyarakat. Apalagi dilakukan di tingkat pemilihan Ketua RT yang menjunjung tinggi semangat kebersamaan dan gotong royong. Ditambahkan, antusiasme masyarakat disini patut dihargai dan diapresiasi sebagai contoh yang baik agar masyarakat dalam rangka pemberdayaan dan pembangunannya sinergis sejalan dengan tujuan pembangunan Pemerintah Kota Yogyakarta.

abi is agusbudi | Tanya Komputer