Detail Berita
WALIKOTA BUKA RAHASIA KIAT SUKSES UKM
28-07-2008

WALIKOTA BUKA RAHASIA KIAT SUKSES UKM

Walikota Yogyakarta H. Herry Zudianto membeberkan rahasia kiat sukses pengembangan usaha kecil menengah (UKM) kepada pengusaha kecil menengah di Kota Yogyakarta yang mengikuti Gathering UKM bersama Jogja TV bertempat di Ruang Utama Atas Balaikota, (26/6).

Dalam paparannya, Herry Zudianto menyebutkan beberapa hal pokok dan penting yang perlu dilakukan pengusaha kecil dan menengah untuk mengembangkan usahanya, yaitu kemampuan pengusaha UKM untuk memperkuat jaringan penjualan dan kemampuan penetrasi pasar. Dalam memperkuat jaringan pemasaran dan penetrasi pasar, masih perlu kiat-kiat khusus lain yang harus dilatih, antara lain pengusaha harus mempunyai jiwa suka menolong orang. Dengan jiwa suka menolong pengusaha akan sangat peka terhadap pembeli.

“Tujuan menjual barang, ibarat menolong orang untuk memenuhi permintaannya, sehingga kalau ada keluhan dari pembeli akan mudah menanggapinya. Dengan memiliki kemampuan ini, kita juga akan peka bagaimana agar produk lebih baik dan lebih memuaskan. Jangan sampai melihat konsumen kecewa setelah membeli produk. Dengan kepuasan konsumen, maka konsumen akan loyal terhadap produk kita” kata Herry Zudianto.

Selanjutnya, pengusaha UKM harus suka tantangan yaitu berani mencoba hal baru dan berani menghadapi resiko yang mungkin terjadi. “Kita harus berani mencoba hal baru dalam mengembangkan produk siapa tahu berhasil baik, dan sekiranya gagal bisa dipelajari dimana sumber kegagalannya” tambah Herry.

Kiat selanjutnya adalah menjaga kepercayaan terhadap semua relasi dan pihak lain yang ikut mendukung usaha seperti lembaga perbankan dan lembaga perkreditan lainnya. “Kalau kita bisa menjaga kepercayaan maka lembaga kredit akan mudah mengucurkan dana untuk pengembangan usaha kecil. Bahkan mereka – lembaga perbankan – itu yang akan meminta kepada kita untuk mengajukan kredit.” terang Herry.

Faktor penting lainnya dalam pengembangan usaha adalah pembukuan keuangan yang baik, sikap ramah dalam hubungannya dengan upaya memperluas pasar, tidak mudah putus asa, dan suka belajar baik dari media cetak maupun elektronik dan internet tentang hal positif terlebih tentang peluang pasar produk yang di kembangkan.(hg)

abi is agusbudi | Tanya Komputer