Detail Berita
LANSIA TEGAL PANGGUNG DIRIKAN PERPUSTAKAAN
28-07-2008

LANSIA TEGAL PANGGUNG DIRIKAN PERPUSTAKAAN

 

Selangkah maju dilakukan warga lanjut usia (lansia) Kel. Tegalpanggung, Kec. Danurejan Kota Yogyakarta. Warga lanjut usia yang tergabung dalam Paguyuban Lansia Wredha Kirana itu telah mendirikan perpustakaan khusus lansia. Perpustakaan yang diberi nama Wreda Pustaka beberapa waktu lalu (15/05) diresmikan oleh Wakil Walikota Yogyakarta, H Haryadi Suyuti.

Cikal bakal berdirinya Perpustakaan Lansia Wreda Kirana, berawal dari kebisaan warga lansia yang sering membawa majalah dan berbagai bacaan lainnya. Disaat istirahat mereka membaca dan mendiskusikan isi bacaan tersebut. Dari sinilah timbul gagasan bagaimana kalau mendirikan perpustakaaan. Dan ternyata ide ini ditanggapi warga lansia dengan serius. Hingga kini perpustakaan tersebut selalu dimanfaatkan warga lansia sebelum mengikuti kegiatan senam bersama.

Dalam menjalankan aktifitasnya, saat ini perpustakaan Lansia Wreda Pustaka Tegalpanggung memanfaatkan satu ruangan di SDN Tegalpanggung yang tidak terpakai. “Daripada ruangan kelas kosong tidak terpakai, kami mengajukan permohonan ke pihak sekolah untuk mempergunakan ruang itu sebagai perpustakaan, dan alhamdullilah diijinkan” kata Ketua Kelompok Lansia Wreda Kirana Ibu Y Sudarsono.

Lebih lanjut Ibu Y Sudarsono menjelaskan, jumlah koleksi buku perpustakaan mencapai 1000 lebih terdiri dari buku umum, buku teknologi tepat guna, majalah, buku agama dan lain-lain. Dalam melengkapi koleksinya, pengelola mendapatkan sumbangan buku koleksi dari warga dan pinjaman dari Perpustakaan Propinsi dan Perpustakaan Kota Yogyakarta. Dalam melayani pengguna, perpustakaan dibuka tiap hari Rabu dan Sabtu pukul 15.00 WIB s/d 18.00 WIB bersamaan dengan kegiatan rutin lansia yakni senam bersama.

Untuk memperkaya koleksi buku perpustakaan, pihak pengelola menyiasati dengan cara meminjam buku Perpustakaan Propinsi DIY dan Perpustakaan Kota Yogyakarta, yang setiap tiga bulan sekali bahan pustaka tersebut secara rutin diganti. “Dengan cara seperti itu bahan pustaka yang ada di perpustakaan kami tidak monoton, atau selalu ada pergantian. Dengan adanya koleksi yang berganti-ganti ini diharapkan pengguna perpustakaan meningkat.” kata Ibu Y Sudarsono. Kegiatan yang dilaksanakan di perpustakaan selain membaca juga sering diadakan diskusi ringan dengan topik dari bacaan yang tersedia di perpustakaan. Untuk sementara sistem peminjaman buku belum kami lakukan karena buku-buku koleksi masih terbatas, sehingga pengelola menerapkan sistem baca ditempat.

Tujuan kami, warga lansia mendirikan perpustakaan adalah meningkatkan minat baca baik generasi tua maupun generasi muda. ”Diharapkan dengan adanya perpustakaan lansia ini, sesuai namanya Wreda Kirana yang berarti pancaran sinar dari kaum lansia, dapat menyinari kaum muda untuk lebih meningkatkan minat baca” tambah Ibu Y Sudarsono.(hg)

abi is agusbudi | Tanya Komputer