Detail Berita
BJ. HABIBIE KUNJUNGI TAMAN PINTAR
24-06-2008

BJ HABIBIE KUNJUNGI TAMAN PINTAR

Presiden ke - 3 Republik Indonesia, BJ Habibie beserta Ibu Hasri Ainun Habibie mengunjungi Taman Pintar Yogyakarta, Jumat (09/05) usai menghadiri pawiwahan agung pernikahan putri ketiga Sultan HB X. Mengendarai mobil bernomor B 321 RI, mantan Menristek di era Presiden Soeharto tersebut disambut langsung oleh Walikota Yogyakarta Herry Zudianto bersama Ibu Dyah Suminar, Wakil Walikota Haryadi Suyuti, Ketua DPRD Kota Yogyakarta Arif Noor Hartanto dan pejabat Pemkot Yogyakarta.

Begitu memasuki area Taman Pintar, mantan presiden menerima penjelasan tentang Tapak Prestasi yang ditempatkan di halaman depan playground. Tapak prestasi merupakan monumen untuk mengabadikan tapak tangan, tapak kaki maupun rekaman suara dari mantan Presiden RI dan orang-orang yang berprestasi.

Habibie yang mengenakan jas hitam itu menyempatkan diri mengelilingi gedung kotak dan gedung oval Taman Pintar. Beliau dan rombongan memasuki terowongan akuarium menuju gedung oval, kemudian menuju lantai satu menyaksikan berbagai alat peraga dan simulator. Beliau juga mencoba bermain game layar lebar. Disela-sela peninjauan Habibie mengatakan, Taman Pintar merupakan pusat keunggulan informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi. ''Ini tidak bisa diukur dengan uang”, katanya saat ditanya rencana untuk membantu taman tersebut. “Taman Pintar ini merupakan wujud inisiatif Walikota Yogyakarta bersama masyarakat Jogja untuk benar-benar membuat pusat keunggulan informasi teknologi untuk siapa saja”, tambah Habibie.

Di akhir kunjungannya, Habibie dan rombongan melihat Radio Anak Jogja (RAJ) yang terletak di lantai dasar. Beliau menyempatkan untuk melakukan siaran langsung. “Yang kita butuhkan adalah informasi secara teratur, kalau radio anak ini bisa dipancarkan lebih luas lagi, radio ini bukan hanya untuk anak Jogja, tapi seluruh anak Indonesia,” kata Habibie.

Habibie juga menuliskan pesan, yang isinya ”Jogja sepanjang masa selalu dikenang sebagai Ibukota perjuangan bangsa Indonesia merdeka. Peran SDM terbarukan selalu menentukan kualitas peradaban masyarakat. SDM yang menguasai IPTEK dan berkualitas, iman dan takwanya tinggi, di lingkungan yang merdeka, bebas dan berbudaya yang dapat diciptakan oleh arus dan kualitas informasi. Disini terletak peran dan harapan kita semua, RAJ harus berada di garda depan menciptakan SDM sebagai andalan peradaban Indonesia yang tenteram, sejahtera, berbudaya dan cinta damai”. (ism/ttk)

abi is agusbudi | Tanya Komputer