Detail Berita
Pedoman Pembentukan Komie Sekolah
19-10-2007

Dalam rangka meningkatkan daya guna dan hasil guna pendidikan di wilayah Kota Yogyakarta, perlu memberdayakan peran serta masyarakat khususnya dalam penyelenggaraaan pendidikan tingkat menengah pada Satuan Pendidikan (SMP/SMA/SMK). Untuk itu pada tanggal 16 Juni 2007, Pemerintah Kota Yogyakarta menerbitkan Peraturan Walikota Kota Yogyakarta Nomor 36 Tahun  2007 tentang Pedoman Pembentukan Komite Sekolah. Dengan berlakunya Peraturan Walikota ini, maka Keputusan Walikota Yogyakarta Nomor 55 Tahun 2002 tentang Pedoman Pembentukan Komite Sekolah dicabut dan dinyatakan tidak berlaku

Perwal 36/2007 tersebut menjelaskan bahwa pembentukan Komite Sekolah atas prakarsa masyarakat, Satuan Pendidikan dan atau Pemerintah Daerah. Dalam hal Pemda atau Satuan Pendidikan mengambil prakarsa, pelaksanaan pembentukan dilakukan oleh Kepala Satuan Pendidikan dengan membentuk Panitia Persiapan Pembentukan Komite  Sekolah. Dalam hal Komite Sekolah sudah terbentuk, pergantian pengurus dilaksanakan berdasarkan AD dan ART. Dinas Pendidikan mengadakan koordinasi dan fasilitasi mendukung kelancaran pembentukan Komite Sekolah. Keanggotaan Panitia Persiapan berjumlah sekurang-kurangnya 5 ( lima ) orang yang terdiri atas unsur praktisi pendidikan, pemerhati pendidikan, dan orang tua peserta didik.

Tugas Panitia Persiapan meliputi sosialisasi kepada orang tua peserta didik dan masyarakat tentang rencana pembentukan komite sekolah melalui papan pengumuman satuan pendidikan. Kemudian menyusun kriteria dan mengidentifikasi calon anggota berdasarkan usulan dari orang tua peserta didik dan masyarakat, berikutnya menyeleksi calon anggota sesuai usulan. Setelah itu panitia mengumumkan nama-nama calon anggota, menyusun nama-nama anggota terpilih, memfasilitasi pemilihan pengurus komite sekolah serta menyampaikan nama-nama pengurus komite sekolah terpilih kepada Kepala Satuan Pendidikan. Panitia Persiapan dinyatakan bubar setelah Kepala Satuan Pendidikan menetapkan pengurus Komite Sekolah. Panitia persiapan tidak boleh dicalonkan atau mencalonkan diri sebagai anggota Komite Sekolah. Pengurus Komite Sekolah ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Satuan Pendidikan dan Pengurus Komite Sekolah dikukuhkan oleh Penyelenggara Pendidikan.

abi is agusbudi | Tanya Komputer