Detail Berita
TIM NASIONAL LAKUKAN PENILAIAN PHBS KELURAHAN DEMANGAN
24-06-2008

TIM NASIONAL LAKUKAN PENILAIAN

PHBS KELURAHAN DEMANGAN 

 

            Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Kelurahan Demangan terpilih sebagai nominasi Lomba PHBS tingkat nasional mewakili Propinsi DIY dalam kegiatan HKG (Hari Kesatuan Gerak) PKK-KB-Kesehatan 2007/2008. Kehadiran tim juri tingkat nasional (PKK Pusat dan Depkes RI) dipimpin oleh drg. Farida di wilayah Kelurahan Demangan belum lama ini (14/4) diterima oleh Wakil Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Kadinkes Kota Dr. Choirul Anwar, Ketua TP PKK Kota Hj. Dyah Suminar, Wakil Ketua TP PKK Hj. Tri Kirana Muslidatun beserta kader PKK Kel. Demangan dan Kec. Gondokusuman serta warga masyarakat setempat yang tergabung dalam kegiatan Lansia, Dasa Wisma dan Posyandu.

            Beberapa lokasi yang dikunjungi Tim Juri antara lain : RW 11 untuk meninjau contoh rumah sehat sederhana, RW 12 melihat Posyandu dan PAUD, RW 04 meninjau PHBS, kemudian SD Muhamadiyah Sapen sebagai sekolah sehat, serta kunjungan Sapa Anak Kos yang dilanjutkan menilai sistem administrasi ke kantor Kelurahan Demangan. 

            Dalam sambutannya, Wawali mengatakan, ”Kehadiran Tim Juri diharapkan akan memberikan makna bagi pembangunan sumber daya manusia khususnya di bidang kesehatan. Karena salah satu fungsi lomba adalah instrumen stimulan dalam upaya mendorong pengembangan sikap dan perilaku hidup bersih dan sehat dari masyarakat”. Wawali berharap, selain melakukan penilaian lomba PHBS tingkat nasional, kehadiran tim juga dapat memberikan pembinaan terhadap hal-hal yang masih perlu mendapat pembenahan, sehingga ke depan kekurangan yang ada dapat diperbaiki.

            Sementara itu, Hj. Tri Kirana mengatakan, ”Pemantauan PHBS di Kota Yogyakarta untuk tahun 2007 telah dilakukan dengan sistem Total Populasi (Pendataan di semua KK yang ada di Kota Yogyakarta) dengan tujuan pembentukan perilaku hidup bersih dan sehat di setiap rumah tangga. Pelaku pendataan adalah kader kesehatan yang berasal dari RT setempat. Setiap RT diwakili oleh seorang kader kesehatan yang melaksanakan pendataan di masing-masing RT. Caranya dengan mendatangi setiap rumah tangga untuk melakukan wawancara dan pengamatan lingkungan. Data tersebut menunjukkan bahwa perilaku masyarakat maupun kondisi lingkungan di Kota Yogyakarta menunjukkan adanya peningkatan dari semua indikator yang ada, meskipun hanya sedikit”.

            Lebih lanjut dikatakan ”Sedangkan permasalahan yang perlu mendapat perhatian di tahun 2006 dan tahun 2007 masih tetap sama yaitu masalah tidak merokok, masalah kepesertaan JPKM, dan masalah olahraga / aktivitas fisik”.

            Terpisah, Ketua TP PKK, Hj. Dyah Suminar mengatakan, program prioritas unggulan PKK Kota Yogyakarta saat ini yang bertujuan untuk pembentukan perilaku di masyarakat, antara lain: Mitra Keluarga untuk membantu mewujudkan keluarga yang harmonis. PAUD untuk membentuk perilaku mendidik anak sejak usia dini. Program Gemar Menanam untuk membentuk perilaku gemar menanam di masyarakat. Posyandu untuk membentuk perilaku masyarakat yang sadar akan kesehatan ibu, anak dan lansia, serta PHBS untuk membentuk perilaku hidup bersih dan sehat.

            ”Program-program PKK dalam penyusunannya selalu disesuaikan dengan program pemerintah dan kepentingan masyarakat, agar dalam pelaksanaannya dapat disinergikan sehingga tepat sasaran. Moment Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan adalah salah satu bentuk sinergitas antara PKK dengan pemerintah untuk membangun masyarakat yang sehat dan sejahtera sesuai dengan misi gerakan PKK” terang Ibu Dyah.

            Prestasi pada tahun 2007 lalu PKK Kota Yogyakarta berhasil meraih Juara II tingkat Propinsi DIY dalam HKG PKK-KB-Kesehatan. Sedangkan prestasi di tingkat nasional adalah Prakarti Madya Pelaksana Terbaik II Lingkungan Bersih dan Sehat Kategori Kota Tahun 2007, dan Prakarti Utama Pelaksana Terbaik II Posyandu Teladan Kategori Kota Tahun 2007. (isthos)

abi is agusbudi | Tanya Komputer