Detail Berita
DINAS PARSENIBUD GELAR LOMBA FOTO PARIWISATA BERBASIS BUDAYA
23-06-2008

Setelah sukses Jogja Dalam Lensa 2007, kembali Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata Seni dan Budaya menggelar lomba foto pariwisata. Lomba foto untuk penguatan pelaksanaan kegiatan Tematik Pembangunan Kota Yogyakarta Tahun 2008 yaitu Pariwisata Berbasis Budaya.

Dikatakan Kepala Dinas Parsenibud, Hadi Muhtar, SE, MM. lomba foto ini diharapkan menjadi daya tarik bagi penggemar fotografi untuk memotret dan menyelami keanekaragaman khasanah budaya Yogyakarta dari berbagai sisi, serta menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Yogyakarta. Disamping itu lomba foto tahun ini diharapkan mengeksplorasi potensi pariwisata Yogyakarta yang lebih beragam dan optimal.

Lebih lanjut dijelaskan, tema lomba foto adalah Pariwisata Berbasis Budaya yang menekankan pada semua aspek pariwisata Yogyakarta, baik kekayaan hasil seni budaya maupun beragam obyek lainnya, sehingga diharapkan mengangkat citra Yogyakarta sebagai kota pariwisata yang berbudaya. Ditambahkan oleh Muhtar, lomba ini bertujuan mendokumentasikan aktivitas dan potensi pariwisata yang berbudaya di Yogyakarta dalam karya fotografi. Juga mendorong kreativitas dan produktivitas seniman foto mengabadikan khasanah potensi budaya dan pariwisata Yogyakarta, imbuhnya. ”Kami berharap hasil lomba dapat dipakai sebagi bahan informasi, pemasaran dan promosi pariwisata Kota Yogyakarta”, ungkap Muhtar.

Pengumpulan foto hasil karya dimulai bulan Maret 2008 sampai dengan 11 Juni 2008. Untuk penilaian akan dilaksanakan tanggal 16 Juni 2008 bertempat di Ruang Seminar Taman Budaya Yogyakarta. Dewan Yuri antara lain Aries Liem, A.FPSI, Heri Wiyanto, A.FPSI, Nofria Doni Fitri, A.FPSI, Toni Suria Karnadi, Drs. Risman Marah. Kemudian dilanjutkan Pameran Foto tanggal 27 - 30 Juni 2008 di Taman Budaya Yogyakarta. Lomba foto ini memperebutkan total hadiah Rp. 25. juta, jelas Muhtar.

abi is agusbudi | Tanya Komputer