Detail Berita
KORBAN MUSIBAH KEBAKARAN TERIMA BANTUAN
17-06-2008

KORBAN MUSIBAH KEBAKARAN TERIMA BANTUAN

Kebakaran yang menimpa keluarga Ny. Aminah beralamat di Gendeng GK IV/679 Baciro, Gondokusuman, mendapat bantuan dari Pemerintah Kota Yogyakarta belum lama ini (1/04). Bantuan berupa uang tunai sebesar 4 juta rupiah diserahkan oleh Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial (Dinkesos) Kota Yogyakarta Sunu Saptomo, SH. kepada Ny. Aminah, bertempat di ruang rapat dinas setempat. Rumah Ny. Aminah mengalami kebakaran pada Sabtu, 12 Januari lalu dihuni oleh 6 Kepala Keluarga (KK) yang terdiri dari Ny. Sumiyem, Agus Widayat 2 anggota keluarga, Suyatno 5 anggota keluarga, T. Sukarto 7 anggota Keluarga, dan Yuswaningsih 6 anggota keluarga.

Dikatakan Sunu Saptomo, bantuan yang diberikan sesuai taksasi yang ditetapkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta berdasar pada Peraturan Walikota Nomor 82 tahun 2005 tentang Pedoman Pelaksanaan Pemberian Bantuan Kepada Masyarakat Yang Terkena Musibah Kebakaran di Kota Yogyakarta. ”Selain memberikan bantuan kepada korban kebakaran, pemkot juga memberikan bantuan jatah hidup (Jadup), beras, lauk pauk kepada korban yang mengungsi. Kebakaran menimpa satu rumah yang dihuni 6 KK, sehingga mengakibatkan penghuninya mengungsi. Oleh karena itu kita berikan jadup dengan rincian 1 jiwa kali 5 ribu dikalikan 25 hari. Jadi jadup diberikan apabila penghuni rumah ada yang mengungsi”, jelas Sunu.

Lebih lanjut dikatakan, hal ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kota Yogyakarta terhadap warga masyarakat yang kena musibah kebakaran. Janganlah dilihat dari nominalnya tetapi bagaimana perhatian pemerintah terhadap warga yang menderita musibah kebakaran. Dan bantuan ini sudah sesuai dengan keputusan tim taksasi (Dinkesos, Kantor Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Kebakaran, Badan Pengelolaan Barang Daerah, Bagian Pengendalian Pembangunan, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, serta Bagian Hukum ).

Selain Ny. Aminah, juga diserahkan bantuan kepada korban kebakaran lain yaitu Agus Purwanto Kricak Kidul TR I/1193 sebesar Rp. 3.100.000,00 ( tiga juta seratus ribu rupiah) yang tertimpa musibah kebakaran pada 24 September 2007 dan Raharjo beralamat di Ngadisuryan Mj III/7 sebesar Rp.200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) kena musibah kebakaran pada 1 Januari 2008 lalu.

Terpisah korban kebakaran Agus Purwanto menuturkan, kebakaran yang menimpa rumahnya terjadi menjelang Hari Raya Idul Fitri diindikasikan dari kembang api (sosdor). ”Saya sangat shock dengan kejadian ini, sebab kebakaran terjadi justru dari kembang api yang datang dari mana saya tidak tahu. Yang pasti saya merasa lega mendapat bantuan dari Pemerintah Kota Yogyakarta. Pemerintah Propinsi DIY juga telah membantu bahan bangunan, ini dapat meringankan beban saya,” tutur pria pembuat kue yang membangun kembali rumahnya dengan biaya kurang lebih 17 juta.(and)

abi is agusbudi | Tanya Komputer