Detail Berita
Pemkot Terbitkan Perwal Penerimaan Peserta Didik Baru
19-10-2007

Pemerintah Kota Yogyakarta tanggal 4 Juni 2007 menerbitkan Peraturan Walikota (Perwal) No 30 Tahun 2007 tentang Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak dan Sekolah di Kota Yogyakarta. Perwal ini berlaku bagi sekolah negeri maupun swasta yang ada di Kota Yogyakarta. Perwal yang ditandatangani Walikota Herry Zudianto tersebut mempunyai tujuan untuk memberi kesempatan seluas-luasnya bagi warga masyarakat usia sekolah agar memperoleh layanan pendidikan sebaiknya-baiknya.

 Beberapa hal berkaitan dengan Penerimaan Peserta Didik Baru yang diatur Perwal tersebut antara lain mengenai persyaratan administrasi, biaya pendaftaran, sanksi, peran serta masyarakat dan seragam sekolah.

Sekolah swasta wajib menerima calon peserta didik dari keluarga miskin yang lolos seleksi penerimaan sebesar 20% (dua puluh persen) dari seluruh jumlah peserta didik yang diterima.

Sekolah dilarang memungut biaya apapun dari calon Peserta Didik Baru diluar biaya administrasi. Oleh karenanya sekolah bersama Komite Sekolah menyelenggarakan musyawarah pembahasan Program Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) dengan orangtua/wali Peserta Didik Baru paling cepat 2 (dua) bulan setelah Peserta Didik dinyatakan diterima pada Satuan Pendidikan.

Ketentuan pakaian seragam sekolah yang diwajibkan adalah seragam OSIS, Olahraga, dan Pramuka/Kepanduan. Namun demikian sekolah dimungkinkan menambah jenis seragam yang lain sesuai kebutuhan sekolah. Pakaian seragam sekolah diusahakan berdasarkan hasil rapat komite sekolah. Bagi peserta didik yang berasal dari keluarga miskin, biaya registrasi penerimaan ditanggung oleh Pemerintah Daerah yang besarnya ditentukan sesuai dengan Peraturan Walikota tentang pemberian beasiswa

abi is agusbudi | Tanya Komputer