Detail Berita
CARI INFO LOWONGAN PEKERJAAN, KLIK ”www.infokerja.web.id”
13-06-2008

CARI INFO LOWONGAN PEKERJAAN,

KLIK ”www.infokerja.web.id”

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, Wido Risnomo, SH. MT. belum lama ini mengatakan, jumlah penganggur di Kota Yogyakarta masih cukup tinggi. Data  angka pengangguran sampai saat ini tercatat sekitar  34.000 orang. Untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah pengangguran Pemerintah Kota Yogyakarta telah melakukan berbagai upaya, termasuk membangun Bursa Kerja On Line (BKOL) yang dapat diakses melalui situs, www. infokerja.web.id.

Dijelaskan, bursa kerja on line ini akan memberikan informasi lengkap kepada para pencari dan pemberi lapangan kerja di seluruh Indonesia. ”Para pencari kerja yang ingin mencari lowongan pekerjaan tinggal mengakses melalui situs www.infokerja.web.id untuk mendapatkan banyak informasi tentang pekerjaan dan persyaratan yang harus dipenuhi”. Lebih lanjut Wido mengatakan, Disnakertrans telah bekerja sama dengan perusahaan dan biro pengerah tenaga kerja dalam menginformasikan lowongan pekerjaan.

Keberadaan informasi lowongan kerja yang disiapkan Pemkot melalui Disnakertrans yang dapat diakses melalui internet bertujuan memudahkan masyarakat mencari informasi mengenai lapangan kerja.  Harapannya upaya ini dapat diterima masyarakat untuk mengurangi persoalan berkaitan dengan  jumlah angka penganguran di Kota Yogyakarta.

Sementara itu Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Marsudi menambahkan, jumlah pencari kerja di Kota Yogyakarta masih cukup tinggi dan kebanyakan lulusan sarjana S1. Data yang ada di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi  Kota Yogyakarta per Januari 2008 terdapat 21.246 orang pencari kerja.  Dari jumlah tersebut pencari kerja berijasah  Strata 1 (S1) sebanyak 12.999 orang  (laki-laki : 6.392 , perempuan : 6.607) atau 61.1 persen dari jumlah pencari kerja yang ada di Kota Yogyakarta.  

Lebih lanjut dikatakan, untuk pencari kerja lulusan S2 dan S3 sebanyak 204 orang (laki-laki : 100 , perempuan : 104); Diploma 1.963 orang (laki-laki : 785 , perempuan : 1.178);  SLTA Umum ada 3009 orang (laki-laki : 2.814 , perempuan : 195) dan SLTA Kejuruan ada 2702 orang ( laki-laki : 2079 , perempuan : 623); SLTP sebanyak 318 orang (laki-laki : 176 , perempuan : 142)  dan Sekolah Dasar sebanyak 39 orang (laki-laki : 38 , perempuan 13). Ditambahkan oleh Marsudi, Data tersebut berdasarkan permintaan kartu kuning yang dilakukan pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta. ”Namun dari sekian banyak jumlah pencari kerja ini tidak semuanya berstatus sebagai penganggur. Ada sebagian dari mereka sudah bekerja namun ingin mencari pekerjaan lain”, tuturnya.(@mix).

abi is agusbudi | Tanya Komputer