Detail Berita
PNS KOTA TANDATANGANI PAKTA INTEGRITAS
19-04-2008

PNS KOTA TANDATANGANI PAKTA INTEGRITAS

BEKERJA BUKAN MENARIK PERHATIAN ATASAN TAPI LOYAL TERHADAP TUGAS

 

Tanggal 02 April 2007 lalu bertepatan 100 hari kepemimpinan H. Herry Zudianto dan H. Haryadi Suyuti, beberapa pejabat di lingkungan pemkot mulai dari Walikota, Wakil Walikota dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) melakukan penandatanganan Pakta Integritas. Pada bulan Agustus 2007, giliran para staf PNS dan fungsional di lingkungan Pemkot menandatangani Pakta Integritas. Penandatanganan mengambil tempat di Ruang Utama Atas Balaikota, dilaksanakan oleh perwakilan masing – masing instansi dan didampingi kepala SKPD serta disaksikan Walikota, Wakil Walikota,  Sekda, dan perwakilan  dari Komisi Pemberantasan Korupsi Pusat.

Muhammad Arifin SH, Asisten Tata Praja melaporkan, bahwa peserta  penandatanganan sebanyak  47 staf mewakili SKPD termasuk kecamatan dan 45 kelurahan serta 30 perwakilan fungsional. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai  bentuk komitmen PNS Pemkot untuk melaksanakan tugas dengan penuh integritas. Penadatanganan ini juga merupakan gerak awal yang akan ditindaklanjuti oleh semua PNS pada unit kerja masing -  masing  dengan tenggang waktu 12 hari kerja setelah tanggal 25 Agustus 2007.

Sementara itu, Walikota Yogyakarta Herry Zudianto mengatakan, penandatangan ini merupakan langkah nyata dalam komitmen memperteguh untuk mengemban amanah dengan baik selaku kepala dan abdi masyarakat. Ditambahkan oleh Herry, peristiwa  penandatanganan ini menjadi sebuah momentum yang sangat penting karena seluruh jajaran pemkot mengukuhkan tekad melaksanakan tugas dengan penuh integritas, sebagai bentuk pengejawantahan kesungguhan membangun kepercayaan publik melalui pemerintahan yang baik dan bersih, tetapi sekaligus membangun kehormatan korps, diri dan organisasi.

Walikota juga mengingatkan para PNS, agar dalam melakukan tugas hendaknya harus menjadikan bagian integral dengan sumpah jabatan yang telah diucapkan dan selalu loyal terhadap pekerjaan dan  tugas yang diberikan. “Bekerja bukan untuk menarik simpati atasan tetapi loyal terhadap tugas yang telah diamanahkan. Loyal berarti punya kepuasan dalam bekerja”, ungkap Walikota. Di era sekarang ini ada dua hal mendasar mengiringi reformasi birokrasi yakni perubahan mindset atau pola pikir yang harus dilakukan dan adanya peningkatan pembenahan manajemen berbasis kinerja. (@mix)

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer