Detail Berita
“FOTO KETIKA TIBA DI JOGJA “
19-04-2008

“FOTO KETIKA TIBA DI JOGJA “

 JUARA  I LOMBA FOTO JOGJA DALAM  LENSA 2007

 

Untuk mengangkat citra kepariwisataan Yogyakarta dan sekaligus memeriahkan Hari Jadi Kota Yogyakarta ke 251 yang jatuh pada tanggal 07 Oktober 2007, Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Himpunan Seni Foto Amatir mengadakan Lomba Foto yang bertemakan pariwisata. Lomba foto tahun 2007 ini diberi label “ JOGJA DALAM LENSA  2007 “

 Dalam lomba ini,  Foto berjudul “Ketika Tiba Di Jogja”  karya Panji Vasco Da Gama asal KP Dukuh RT.14/08 Semanggi Solo keluar sebagai juara I lomba foto Jogja Dalam Lensa 2007. Sedangkan Juara II diraih Surya Adi Lesmana, warga Jl. Janti Yogyakarta  dengan judul foto “Bedoyo Babar Layar” dan juara III diraih Stanley Andika, warga Jl. Demangan Baru Yogyakarta dengan judul foto “Khusuk”.

            Panitia juga memilih 50 foto hasil karya peserta lomba sebagai nominator. Kelimapuluh nominator adalah sebagai berikut : M. Faies dengan judul karya Taman Sari, Elio Sihombing (Sumur Gemuling), Abot Rahim T. (Tamu adalah Raja ), Stefanus Hannie (Nonton Wayang), Stefanus Hannie ( Pengabdian Tanpa Akhir), Stanley Andika (Persiapan Sekaten), Stanley Andika (Pengamen Taman Sari), Prayanto WH (Guide Gaek), Matius Krisetya (Race to The Top), Purwastia P (Djogja Kota Seniman), Jessica Lea Dunn (Ngobrol dengan Wisatawan Asing), Dody Yudananto (Ekspresi Seni), Djoko Madurianto Sunarto (Dimensi Jaman), Sujarwono SH (Naik Becak), Arcadius Budi Ajisantoso (Jenjang Pendidikan), Joko Prayitno (Keagunganmu), Very Setyawan (Lokal dan Interlokal), Very Setyawan (Lewat Atas Oke Bawah Oke), Nguyen Sarimpe (Marchingband),  Arcadius Budi Ajisantoso (Merapi At Jogja), Budi Prast (Abdi Dalem), Budi Purnomo (Wayang Orang Pujo), Diana Chialendra (Prajurit Kraton), Sugeng Priyanto (Berebut Keniscayaan), Nico R. Haryono (Di Balik Bingkai), Tulus Windrayatmo (Rama dan Shinta), Stefanus Hannie (Prajuritku), Stefanus Hannie (Prajurit, Keris dan Bedilnya), Sugede SS (Tembok Sejarah), Stanley Andika (Mural Pasar),  Michael Eko Hardiyanto (Kuda Lumping Cilik), Anton Asmonodento (Liong), Anton Asmonodento (Prajurit Kraton), Prayanto WH (Jantung Kota), Praditya Rizky P. (Padatnya Beringharjo),  Surya Adi Lesmana (Jurus Maut), Verry Setyawan (Penjual Sepatu ), Surya Adi Lesmana (Potret Sang Raja), Effy Widjono Putra (Tugu), Aris Soleman (Keasrian Istana), Jatmiko (Kirab Gunungan 3), Purwanto (Kesibukan di Pasar), Anton Asmonodento (Malioboro The Heritage 2007),  Hari Kristianto (Jogja Morning Spirit), Djoko Madurianto Sunarto (Misteri Awan Putih), Budi Purnomo (Menata Tombak),                                         Putra Hadi R (Emban Keraton), Sugeng Riyanto (Menunggu Keniscayaan), Surya Adi Lesmana (Pentas di Pagelaran),  dan Tejo Kristanto (Bulu Indahmu).

            Ketua Panitia Lomba Herman Edi S, SH mengatakan penyerahan hadiah bagi para pemenang dan nominator dilaksanakan pada tanggal 07 Oktober 2007 Dinas Parsenibud, Jl. Suroto No. 11, telpon 0274-588025. “Pemenang dan nominator yang akan mengambil hadiah harus melengkapi diri dengan foto copy identitas diri yang sah, menyerahkan klise atau CD dokumen asli hasil karya, dan harus datang sendiri,” ungkap Herman. Mengenai hadiah, Herman menambahkan untuk hadiah I mendapat Rp. 5.000.000,- ditambah throphy dan sertifikat. Juara II dan III masing-masing Rp. 4.000.000,- dan Rp. 3.000.000,- serta throphy dan sertifikat. Karya yang masuk nominasi mendapatkan Rp. 200.000,- per karya ditambah sertifikat. Foto peserta lomba dipamerkan di Taman Budaya Yogyakarta dari tanggal 05 hingga 07 Oktober 2007 dan dibuka pada jam 10.00 – 21 .00 WIB.

Ditambahkan Herman,   antusiasme peserta pada lomba kali ini cukup besar terbukti ada 143 peserta dengan 404 buah karya yang diterima panitia. “Peserta yang ikutpun bervariasi, selain dari Kota Yogyakarta. ada pula yang berasal dari Cilacap, Solo, Semarang, Banyumas, Jakarta dan Bandung”, tuturnya. Dari hasil ini boleh dikata pelaksanaan lomba foto Jogja Dalam Lensa 2007 cukup berhasil. Event ini akan ditingkatkan lagi tahun 2008 mendatang dengan tema PARIWISATA BERBASIS BUDAYA.

Foto-foto hasil Lomba Foto Jogja Dalam Lensa akan dicetak dalam sebuah buku katalog. Harapannya dengan melihat katalog, orang akan lebih mengenal Yogyakarta dan ingin datang ke Kota budaya ini. Herman juga menjelaskan pada penyelenggaraan tahun ini panitia membatasi lokasi pemotretan hanya di wilayah kota Jogja (di dalam ring road. red). Hal ini dimaksudkan agar para fotografer dapat lebih mengeksplorasi Kota Jogja dari segala dinamika dan sudutnya.

Bertindak sebagai Dewan Juri Lomba Foto Pariwisata “ JOGJA DALAM LENSA 2007 “, Aries Liem dari AFPSI Solo, Herry Wiyanto dari AFPSI Magelang, Nofria Doni Fitri dari AFPSI Yogyakarta, Tonisuria dari Yogyakarta, dan Risman Marah dari Yogyakarta. Penjurian dilakukan di Taman Budaya Yogyakarta, Kamis (20/9) dari pagi hingga sore hari dihadiri peserta lomba dan juga masyarakat umum. (@mix)

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer