Detail Berita
254 SISWA DAPAT BANTUAN GNOTA
10-04-2008

254 SISWA DAPAT BANTUAN GNOTA

 

Sebanyak 254 anak usia Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dari  keluarga kurang mampu menerima bantuan dana pendidikan  dari Gerakan Nasional Orangtua Asuh (GNOTA) Kota Yogyakarta. Bantuan diserahkan Asisten Sekda Bidang Administrasi Kota Yogyakarta, juga sebagai Ketua GNOTA Kota Yogyakarta,  Drs. Hardono, kepada   Bagas Prayoga siswa SD Widoro, perwakilan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Pendidikan  Wilayah Utara, Riza Wulan Sari, siswa MI. Mahad Islami, perwakilan UPT Pengelolaan Pendidikan Wilayah Timur,  Nur Fajarini Risdah, SD Kraton, perwakilan Pengelolaan Pendidikan Wilayah Selatan dan Muh. Ikhsan Hidayat, siswa SD Tamansari II, perwakilan Pengelolaan Pendidikan Wilayah Barat. Sedangkan,  Mardan Andi Saputra siswa SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta  mewakili tingkat SLTP. Penyerahan bantuan dilangsungkan di Ruang Utama Atas, kompleks Balaikota Yogyakarta, belum lama ini.

  Drs. Hardono mengatakan,  ke-254 anak asuh penerima bantuan GNOTA  tahun ajaran 2007 / 2008 terdiri dari 240 siswa SD dan MI  dari 39 sekolah di lingkup UPT Pengelolaan Pendidikan Wilayah Utara, Timur, Barat dan Selatan dan 14 siswa dari  Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) yang berada di lingkungan Kota Yogyakarta. Dijelaskan, UPT Pengelolaan Pendidikan Wilayah Utara, penerima bantuan berjumlah 60 orang yang  berasal dari 11 sekolah. UPT Pengelolaan Pendidikan Wilayah Timur, 60 siswa (10 sekolah), Selatan, 60 siswa (8 Sekolah), dan Barat, 60 siswa (10 sekolah). Sedangkan penerima bantuan dari SLTP berjumlah 14 orang, berasal dari SMP Budiluhur 3 siswa, SMP Pembangunan Ma’arif 3 siswa, SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta, 4 siswa dan SMP Perintis 4 siswa. Sehingga total penerima bantuan GNOTA dari kelompok SLTP berjumlah 14 siswa.

Hardono menambahkan  keseluruhan dana  bantuan GNOTA berjumlah Rp. 30.900.000,-. Dana bantuan ini berasal dari PT. Sari Husada,  sebesar Rp. 28.800.000,- untuk membantu 240 anak SD dan MI yang masing-masing mendapat Rp. 120.000,-. Sedangkan dana lain, berasal dari orangtua asuh perorangan sebesar Rp. 1.260.000,- dan Rp. 840.000,- dari GNOTA Kota Yogyakarta. Dana dari kedua sumber ini,   diperuntukan bagi siswa SLTP yang masing-masing akan mendapat Rp. 150.000,-.

Dijelaskan Hardono bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan bantuan kepada anak-anak usia sekolah dari keluarga kurang mampu agar mereka dapat menyelesaikan pendidikan dasar formalnya dan diusahakan bagi anak-anak yang belum mendapatkan jaminan pendidikan dari pemerintah, dengan basis bantuan melalui sekolah di wilayah Kota Yogyakarta.

Sementara itu, Walikota Yogyakarta H. Herry Zudianto dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Sekda Bidang Administrasi mengatakan, bantuan yang disalurkan melalui GNOTA diharapkan akan semakin memotivasi semangat belajar anak-anak penerima bantuan. Walikota mengajak anak-anak penerima bantuan  untuk menunjukkan  wujud rasa syukur melalui peraihan prestasi terbaik dan tidak berputus asa dalam belajar dan pengembangan diri. Walikota yakin, anak-anak penerima bantuan akan mengikuti pendidikan setinggi mungkin dan dapat pula meraih apa yang mereka cita-citakan.

Sementara itu, Walikota juga menyampaikan terimakasih dan memberikan apresiasi yang setinggi tingginya  kepada semua donatur, khususnya PT. Sari Husada yang memiliki kepedulian sosial, mengulurkan tangan melalui GNOTA dengan membantu kelancaran studi kepada ke-254 siswa SD/MI dan 14 siswa SMP di Kota Yogyakarta. Walikota juga menitipkan seluruh siswa Kota Yogyakarta  agar dengan pendidikan yang penuh perhatian dan kasih sayang mampu menyempurnakan kualitas pendidikan yang sudah dibangun. Walikota berharap kepada seluruh warga masyarakat Kota Yogyakarta untuk mengambil peran aktif dalam membangun pendidikan yang berkualitas dan membantu seluruh siswa menuntaskan Wajib Belajar 12 tahun plus.(@mix)

abi is agusbudi | Tanya Komputer